Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Disarankan Menggoreng Sosis di Air Fryer, Kenapa?

Kompas.com - 26/04/2023, 20:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mashed

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer adalah peralatan masak yang kini banyak digunakan karena memiliki beragam keunggulan. Air fryer memungkinkan kita memasak dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak minyak.

Dikutip dari Mashed, Rabu (26/4/2023), meskipun tidak terbatas sebagai alternatif untuk menggoreng, air fryer juga bisa memanaskan makanan dengan sangat baik. Namun demikian, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasak dengan air fryer.

Salah satunya adalah sosis. Meskipun tidak ada aturan ketat untuk memasak produk daging ini dengan air fryer, Anda dapat mengorbankan kualitas, rasa, dan tekstur jika Anda memilih untuk menggoreng sosis di air fryer.

Baca juga: Amankah Memasukkan Wadah Kaca ke Air Fryer?

 

Ilustrasi sosis. SHUTTERSTOCK/ANTONOVA GANNA Ilustrasi sosis.

Berikut beberapa alasan kenapa tidak boleh menggoreng sosis di air fryer.

1. Asap dan lemak berlebih

Air fryer sebenarnya hanyalah jenis lain dari oven konveksi. Berkat kipas built-in yang mensirkulasikan panas sambil menjaga suhu tetap konsisten dan terkandung dalam ruang kecil, air fryer memasak lebih cepat daripada oven konveksi, yang menggunakan prinsip yang sama tetapi biasanya memiliki ruang panas yang lebih besar.

Sosis umumnya perlu mencapai suhu tinggi untuk matang sepenuhnya, seperti halnya daging berlemak lainnya. Namun, karena ruang air fryer yang lebih sedikit, sosis dapat menimbulkan masalah karena mengeluarkan lemak berlebih.

Air fryer mungkin terlalu panas, menyebabkan sosis tidak hanya gosong tetapi juga teksturnya menjadi kenyal. Pelepasan minyak tersebut juga dapat membuat air fryer berasap jika minyak bersentuhan dengan elemen pemanas.

Baca juga: Ragam Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer, Betulkah Lebih Sehat?

Semakin banyak minyak, semakin banyak asapnya, menurut Everyday Family Cooking.

2. Sosis paling baik digoreng di wajan

Menggoreng sosis di wajan tetap menjadi pilihan terbaik Anda jika ingin mempertahankan rasa umami yang dimiliki sosis, menurut pemasok daging premium Traymoor. Itu karena dagingnya berubah menjadi coklat keemasan yang renyah saat bersentuhan dengan wajan yang dipanaskan, dan itu terjadi saat sosis dibalik saat dimasak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com