Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Benda di Kamar Mandi yang Sering Lupa Dibersihkan, Apa Saja?

Ditambah, kamar mandi menjadi ruangan sibuk yang diakses semua anggota keluarga di rumah. Tak heran, kondisi ini menjadikan kamar mandi area yang perlu mendapat perhatian dalam hal pembersihan. 

Karena itu, kamar mandi harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan bau.

Membersihkan kamar mandi dapat dilakukan secara harian maupun mingguan. Untuk harian, membersihkan kamar mandi hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit, sedangkan pembersihan mingguan hanya dalam waktu 15-20 menit.

Namun, saat membersihkan kamar mandi, ada beberapa area dan benda yang terlewatkan dibersihkan. Apa saja? 

Dikutip dari Howstuffworks, Kamis (27/4/2023), berikut sejumlah benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan.  

Caranya, tuangkan cuka putih ke dalam kantong plastik, lalu ikat ke kepala shower, dan diamkan semalaman.

Setelah itu, lepaskan kantong plastik dan gosok kepala shower menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan residu yang menempel. Kotoran-kotoran tersebut akan terlepas, shower akan kembali bersih dan mengeluarkan air yang deras. 

Tirai kamar mandi

Selanjutnya, benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan adalah tirai kamar mandi. Tirai ini ternyata menjadi magnet bagi jamur dan kotoran. 

Padahal, membersihkan tirai kamar mandi mudah dibersihkan. Jika tira terbuat dari bahan alami, seperti rami atau katun, cucilah dengan air panas di mesin cuci. 

Apabila jamur sudah mulai berkoloni dan membentuk sistem politik, tambahkan seperempat cangkir pemutih ke dalam air. Namun, jika jamur hanya sedikit, cukup gunakan detergen. 

Anda juga bisa mencuci tirai kamar mandi berbahan vinil atau sintetis selama menjaga air tetap hangat. Perhatikan juga pelapis tirai kamar mandi berbahan vinil dengan menggosoknya menggunakan rasio pemutih dan air 1:10.  

Mulailah menggunakan semprotan disinfektan atau cuka putih murni dan siram bagian dasar kloset porselen.

Gosok alasnya, perhatikan dengan seksama area di mana alasnya bertemu dengan lantai, lalu keringkan dengan tisu atau handuk bekas yang digunakan hanya untuk membersihkan kloset. Selagi membersihkannya, gosok gagang kloset dengan disinfektan.

Membersihkan dasar kloset setiap beberapa minggu sekali sudah cukup, tapi pertimbangkan mendisinfeksi pegangan kloset lebih sering. 

Sakelar lampu

Sakelar lampu juga menjadi benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan, padahal ini sering disentuh semua tangan saat masuk dan keluar ruangan.

Sakelar lampu kamar mandi adalah tempat utama bagi bakteri staph untuk hinggap. Bakteri yang biasanya hidup di kulit ini dapat berpindah ke permukaan yang disentuh orang.

Meski biasanya tidak menimbulkan ancaman, bakteri ini dapat masuk ke tubuh Anda melalui luka, goresan, atau mulut, mata, atau selaput hidung.

Ketika itu terjadi, hal itu dapat menyebabkan infeksi serius yang membutuhkan intervensi medis. Bersihkan sakelar lampu setiap hari dengan pembersih antibakteri.  

Untuk mengatasi benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan ini, masukkan satu liter air bersuhu ruangan dan dua sendok makan cuka putih ke dalam sebuah mangkuk, lalu masukka satu liter air panas dan dua sendok makan cuka di mangkuk lainnya.

Setelah itu, celupkan kain pembersih ke dalam campuran air bersuhu ruangan dan bersihkan cermin dengan kain tersebut. Kemudian, masukkan kain ke campuran air panas dan usapkan pada cermin dan biarkan mengering. 

Tempat sampah

Setelah membuang sampah, letakkan tempat sampah di kamar mandi dan bilas bagian dalam dan luarnya, kemudian menggunakan campuran dua sendok makan cuka putih dan satu liter air panas atau semprotkan pembersih disinfektan pada permukaan tempat sampah.

Jika menggunakan tempat sampah sebagai tempat penampung (kotak bungkus makanan, wadah yogurt), pilihlah pembersih yang diperuntukkan untuk kotoran hewan peliharaan.

Pembersih ini akan mengandung enzim yang dapat memecah molekul organik, membunuh bakteri, dan menyegarkan bau.

Gosok tempat sampah dengan sikat, bilas, dan biarkan mengering. Kemudian, sebelum  meletakkan pelapis sampah ke dalam tempat sampah yang sudah bersih, letakkan beberapa lembar pelembut kain guna membantu menghilangkan bau. 

Nah, itu dia sejumlah benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan. Jangan lupa membersihkannya ya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/27/071500276/6-benda-di-kamar-mandi-yang-sering-lupa-dibersihkan-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke