Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mendekorasi Sudut Ruangan agar Menarik dan Fungsional

Kompas.com - 09/04/2023, 13:35 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudut ruangan di rumah terkadang tidak mendapat banyak perhatian dan cenderung diabaikan. Padahal, ruang ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Dengan dekorasi tepat, sudut ruangan dapat menjadi sudut menarik sekaligus fungsional. Misalnya, meletakkan meja untuk bekerja serta menambahkan ruang penyimpanan. 

Dilansir dari Hunker, Minggu (9/4/2023), berikut tips mendekorasi sudut ruangan agar menarik dan fungsional.

Baca juga: 4 Ide Mendekorasi Sudut Kosong di Ruang Keluarga

Buat area kerja di sudut

Ilustrasi ruang kerja di rumah.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Beberapa rak apung bisa sangat membantu di sudut ruangan. Rak apung merupakan cara stylish menciptakan tempat kerja di sudut ruangan yang sempit.

Cukup pasang rak apung di samping atau atas meja sudut kecil. Ini akan membuat Anda memiliki tempat penyimpanan yang mudah diakses.

Tempatkan perabot tinggi

Molly Torres Portnof dari DATE Interiors menyarankan menempatkan perabot tinggi di sudut. Menurutnya, untuk kamar atau area yang lebih kecil, sudut harus ditekankan, bukan diabaikan.

"Saya suka menempatkan perabot penyimpanan yang lebih tinggi, seperti meja rias, untuk kamar tidur atau lemari untuk ruang kerja di sudut-sudut untuk menarik perhatian," katanya.

Baca juga: 6 Cara Menata Ruang Kerja Kecil di Rumah

Buat lemari custom

Megan Hopp dar Megan Hopp Design mengatakan, jika tidak memiliki lemari cadangan, membuat lemari di sudut kosong di ruang tamu atau kamar tidur dapat menjadi pilihan  bagus.

Menurutnya, sudut ruangan adalah tempat tepat untuk membuat lemari custom. "Lemari ini dapat menyediakan kedalaman yang cukup untuk lemari dan rak pakaian. Anda dapat menggabungkan potongan penyimpanan yang sudah ada untuk menciptakan tampilan khusus," ucapnya.

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Lemari Pakaian untuk Hadirkan Energi Positif

Tambahkan rak

Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya vintage.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya vintage.
Untuk memanfaatkan sudut ruang tamu yang kurang dimanfaatkan, Lori Paranjape dari Mrs Paranjape Design + Interiors menyarankan menggunakan etagere tinggi dengan rak terbuka.

"Manfaatkan sudut sempit dengan etagere yang terbuka secara visual. Garis-garisnya bersih dan elegan dapat menciptakan peluang penyimpanan di ruang yang sebelumnya mungkin terlupakan." 

Baca juga: Tidak Sulit, Ini 5 Tips Menata Rak Terbuka agar Tetap Rapi

Buat sudut baca

Kate Lester dari Kate Lester Interiors mengatakan, selalu ada ruang untuk sudut ruang baca, tidak peduli seberapa sempitnya sebuah sudut.

"Untuk tempat penyimpanan tambahan, pertimbangkan menambahkan rak atau rak buku yang ramping. Jika tidak memiliki ruang kerja di rumah, pertimbangkanlah sebuah meja apung dan kursi kecil," imbuhnya.

Tempat duduk untuk makan

Sudut dapur adalah tempat tepat untuk ruang sarapan. Anda dapat membuat bangku built-in di sudut ruangan untuk memaksimalkan tempat duduk di ruang makan dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com