Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Tepat Memasang Cermin Besar di Dinding Rumah

Kompas.com - 09/04/2023, 07:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin berukuran besar lebih disukai dibanding cermin kecil lantaran dapat melihat gambar diri sepenuhnya. 

Namun, cermin besar memiliki bobot sangat berat sehingga lebih sulit digantung di dinding dengan benar karena membutuhkan perlengkapan dan pendekatan yang tepat sesuai dengan jenis dinding di rumah. 

Baca juga: Cermin Menghadap Pintu Masuk Rumah, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Cermin biasanya ekstra berat karena ukurannya. Bodi kaca cukup besar, tetapi beberapa cermin juga memiliki bingkai rumit yang menambah berat keseluruhan.

Meski terlihat kokoh, cermin besar sama rapuhnya dengan cermin kecil. Jika Anda ingin menghindari pecahan kaca yang berantakan, penting mendapatkan jangkar atau penahan tugas berat yang paling andal, yang dapat menopang berat cermin dengan baik. 

Untuk membantu Anda, berikut panduan tepat memasang cermin besar di dinding dikutip dari Rhythm of the Home, Minggu (9/4/2023).  

Baca juga: Cara Membersihkan Cermin Kamar Mandi Pakai Krim Cukur, Bebas Embun

Cari tahu jenis dinding 

Ilustrasi cermin besar di dinding kamar mandi.Shutterstock/Jodie Johnson Ilustrasi cermin besar di dinding kamar mandi.
Sebelum mulai memasang cermin besar di dinding, sangat penting mengetahui jenis dinding yang dimiliki. Bahan dinding memainkan peran penting dalam menentukan alat tambahan dan alat yang diperlukan untuk pemasangan.

Sebagian besar dinding interior di luar sana menggunakan drywall yang menyembunyikan sistem rangka tiang kayu.

Pada rumah-rumah yang lebih tua, cenderung menggunakan dinding plester daripada bahan lainnya. Dinding batu, seperti batu bata, beton, dan ubin, juga bisa menjadi populer di beberapa rumah.

Biasanya, disarankan menggantung cermin pada sekrup atau tiang kayu yang kuat, yang memberikan keterikatan baik pada dinding.

Namun, ini bukan berarti tidak dapat memasang cermin besar di jenis dinding berbeda dengan asumsi Anda memiliki jangkar tepat untuk pekerjaan itu.

Mungkin lokasi yang dipilih bahkan tidak memiliki sekrup dinding yang diperlukan untuk menggantung cermin. Ingatlah memeriksa kemasan pengikat yang Anda pilih untuk mengetahui jenis dinding yang ideal untuk pemasangan. 

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan dalam Membersihkan Cermin 

Gantung cermin besar pada drywall 

Langkah pertama mengharuskan Anda menemukan sekrup di dinding karena akan digunakan untuk mengamankan cermin. Dianjurkan menggunakan pencari kancing untuk tujuan ini.

Tandai posisi sekrup dengan pensil dan tentukan penempatan cermin secara vertikal. Periksa tanda tersebut secara cermat untuk memastikan semuanya rata.

Selanjutnya, tinggal memasang sekrup pengikat yang disediakan dalam paket perangkat keras bersama cermin.

Jika tidak memiliki sekrup di lokasi yang nyaman untuk menggantung cermin atau tidak dapat menggunakannya karena alasan lain, masih ada cara menggantung cermin besar hanya dengan jangkar drywall.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com