Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 23/03/2023, 13:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi masyarakat. Budidaya jamur tiram pun kini menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan dan dapat dilakukan di rumah.

Untuk memulai budidaya jamur tiram, Anda perlu menyiapkan baglog terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (23/3/2023), baglog adalah bakal media tanam jamur, yang dibuat dengan bahan utama serbuk gergaji mencapai di atas 70 persen dari total bobot media tanam.

Baca juga: Cara Menyimpan Jamur di Kulkas agar Tetap Segar dan Tidak Berlendir

Ilustrasi jamur tiram, ilustrasi baglog jamur tiram.SHUTTERSTOCK / I Fans Ilustrasi jamur tiram, ilustrasi baglog jamur tiram.

Serbuk gergaji kayu mengandung sellulosa, karbohidrat, serat dan lignin. Jamur mampu mengubah selulosa dan lignin menjadi karbohidrat, yang selanjutnya diubah menjadi protein.

Agar jamur tumbuh sempurna, sebaiknya menggunakan serbuk gergaji yang kering dan bersih, tidak mengandung minyak dan getah. Bila mengandung keduanya maka jamur akan terhambat pertumbuhannya. 

Jenis kayu keras, misalnya jati dan mahoni, sebaiknya tidak dipakai untuk media jamur tiram dan jamur kuping. Media jamur tiram sebaiknya menggunakan jenis kayu yang berdaya tahan rendah, misal albasia.

Jenis kayu terlarang untuk media jamur adalah pinus (Pinus mercusii), karena mengandung zat terpenoid atau belerang. Senyawa tersebut akan menghalangi pertumbuhan jamur.

Baca juga: Simak, Cara Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula

Selain serbuk gergaji kayu, beberapa bahan dasar lain yang dapat digunakan untuk media tanam jamur tiram antara lain ampas tebu, tongkol jagung, rumput kering, limbah kapas dan daun teh.

Bahan dan alat untuk membuat baglog jamur tiram

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com