Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram, Bisa Dilakukan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi masyarakat. Budidaya jamur tiram pun kini menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan dan dapat dilakukan di rumah.

Untuk memulai budidaya jamur tiram, Anda perlu menyiapkan baglog terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (23/3/2023), baglog adalah bakal media tanam jamur, yang dibuat dengan bahan utama serbuk gergaji mencapai di atas 70 persen dari total bobot media tanam.

Serbuk gergaji kayu mengandung sellulosa, karbohidrat, serat dan lignin. Jamur mampu mengubah selulosa dan lignin menjadi karbohidrat, yang selanjutnya diubah menjadi protein.

Agar jamur tumbuh sempurna, sebaiknya menggunakan serbuk gergaji yang kering dan bersih, tidak mengandung minyak dan getah. Bila mengandung keduanya maka jamur akan terhambat pertumbuhannya. 

Jenis kayu keras, misalnya jati dan mahoni, sebaiknya tidak dipakai untuk media jamur tiram dan jamur kuping. Media jamur tiram sebaiknya menggunakan jenis kayu yang berdaya tahan rendah, misal albasia.

Jenis kayu terlarang untuk media jamur adalah pinus (Pinus mercusii), karena mengandung zat terpenoid atau belerang. Senyawa tersebut akan menghalangi pertumbuhan jamur.

Selain serbuk gergaji kayu, beberapa bahan dasar lain yang dapat digunakan untuk media tanam jamur tiram antara lain ampas tebu, tongkol jagung, rumput kering, limbah kapas dan daun teh.

Bahan-bahan yang digunakan adalah serbuk gergaji kayu meranti, bekatul atau dedak halus, kapur (CaCO3), tepung jagung, bibit jamur tiram F2 dan air sumur.

Adapun alat yang digunakan adalah sekop, ayakan, potongan kayu untuk memadatkan media, pinset, drum penstreril, bunsen, pipa paralon, cutter, kain saring, beko, lembaran plastik hitam lebar, hand sprayer, dan timbangan.

Bkatul memegang peran penting dalam pembentukan karbohidrat dan protein. Sebagai media berkembangnya miselium jamur, bekatul mengandung vitamin B komplek dan bahan organik yang bisa merangsang perumbuhan tubuh buah.

Cara membuat baglog jamur tiram

Langkah-langkah dalam pembuatan baglog adalah sebagai berikut.

1. Pengayakan

Serbuk gergaji harus diayak untuk memperoleh keseragaman yang merata.

2. Persiapan bahan

Semua bahan (serbuk kayu, dedak, kapur dan tepung jagung) ditimbang dengan komposisi serbuk gergaji : bekatul : tepung jagung : kapur (80 persen : 17 persen : 1 persen : 2 persen).

Pencampuran semua bahan tambahan dengan serbuk gergaji harus merata, tidak boleh terdapat gumpalan, terutama serbuk gergaji dan kapur.

3. Penambahan air dan pemberian probiotik (EM4)

Air ditambahkan sekitar 20 persen dari bobot campuran serbuk gergaji dengan bahan tambahan dan diaduk secara merata sehingga diperoleh kadar air sekitar 50 sampai 65 persen atau pH sekitar 6 sampai 7.

Pengujian kadar air dikatakan cukup apabila adonan dikepal membentuk gumpalan tapi mudah hancur.

Pemberian Probiotik (EM4) dilakukan bersamaan dengan pencampuran air.

4. Pengomposan

Ini dilakukan dengan cara menumpuk campuran serbuk gergaji tersebut. Tumpukan diselubungi secara rapat dengan menggunakan plastik hitam atau terpal selama tujuh hari pada suhu ruangan.

5. Pembungkusan

Campuran serbuk gergaji setelah dikomposkan dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran 2 kg (ukuran plastik 18 x 33 cm).

Untuk memperoleh ukuran media yang seragam, campuran media ditimbang terlebih dahulu dengan berat masing-masing 1,2 kg (sekitar tiga perempat bagian kantong plastik), kemudian dipadatkan dengan bantuan botol.

Cincin dari paralon segera dipasang pada bagian leher plastik sehingga media menyerupai botol.

6. Sterilisasi

Sterilisasi dilakukan pada suhu 90 sampai 100 derajat celcius selama sekitar 7 sampai 10 jam.

7. Pendinginan

Media yang telah disterilisasi, didinginkan selama sekitar  24 jam sebelum diinokulasi dengan bibit. Pendinginan dilakukan hingga temperatur media turun (35 sampai 40 derajat celcius).

8. Inokulasi

Ini dilakukan dengan cara ditusuk, yaitu bagian tengah media tanam dibuat lubang melalui cincin yang terpasang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/23/134609976/cara-membuat-baglog-jamur-tiram-bisa-dilakukan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke