Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Membersihkan Setiap Permukaan di Kamar Mandi?

Kompas.com - 14/02/2023, 17:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi dapat menjadi salah satu tempat terkotor di rumah lantaran menjadi ruangan tersibuk dan digunakan setiap hari. 

Ditambah, kamar mandi menjadi lingkungan yang lembap, basah, menyimpan bau lebih lama daripada ruangan lain di rumah, serta sarang jamur dan lumut yang dapat berpotensi menyebabkan penyakit. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Cepat

Membersihkan setiap permukaan kamar mandi dengan bahan pembersih yang tepat dapat membunuh bakteri dan membuat lebih sehat dalam jangka panjang. 

Namun, banyak pemilik rumah yang kerap bingung kapan harus membersihkan kamar mandi

Untuk membantu Anda, dikutip dari Southern Living, Selasa (14/2/2023), berikut waktu terbaik membersihkan setiap permukaan kamar mandi dan cara membersihkannya.  

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Feng Shui Baik di Kamar Mandi

Membersihkan wastafel dan cermin kamar mandi 

Ilustrasi membersihkan wastafel keramik. SHUTTERSTOCK/KRASULA Ilustrasi membersihkan wastafel keramik.
Menurut Sara San Angelo, seorang pembersih rumah profesional dan pendiri Confessions of a Cleaning Lady di Charleston, South Carolina, Amerika Serikat, cermin dapat dibersihkan sesuai kebutuhan.

Jika kamar mandi jarang digunakan, cermin tidak akan terlalu kotor. Apabila kamar mandi utama, perlu membersihkannya lebih rutin. Menggunakan larutan cuka (cuka dan air dengan perbandingan sama) dan kain mikrofiber bisa membantu.

Wastafel kamar mandi sering digunakan, tapi untungnya relatif mudah dibersihkan. "Saat menggunakan wastafel, Anda dapat menggunakan tangan untuk mengaduk-aduk air agar semua partikel atau pasta gigi terbuang ke saluran pembuangan," saran San Angelo.

Bersihkan wastafel kamar mandi seminggu sekali (saat Anda membersihkan toilet) dengan kain atau spons dan larutan pembersih, seperti semprotan disinfektan atau larutan cuka putih.

"Anda biasanya dapat menggunakan larutan yang sama dengan yang digunakan di toilet, tapi pastikan memeriksa labelnya," kata San Angelo. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Warna Cat Kamar Mandi yang Cantik dan Tenang

Membersihkan kloset 

Anda harus mendisinfeksi dan membersihkan kloset setidaknya seminggu sekali. "Mulailah dari bagian atas, semprotkan seluruh bagian kloset ke bawah, dan bersihkan dari bawah ke atas hingga semuanya bersih," imbuh Taylor Matthews, pemilik Sparkling Queens di Savannah, Georgia.

Jika memiliki air sadah, saya sangat menyarankan menggunakan batu apung basah di dalam mangkuk toilet untuk menghilangkan noda selain pembersih mangkuk toilet.

Gunakan disinfektan kamar mandi untuk membersihkan porselen dan perhatikan jahitan di bagian belakang dudukan serta segel di sekitar bagian bawah kloset. 

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Kamar Mandi Modern

Membersihkan lantai kamar mandi

Ilustrasi membersihkan lantai kamar mandi. SHUTTERSTOCK/BOCHIMSANG12 Ilustrasi membersihkan lantai kamar mandi.
Jika memiliki lantai keramik, Matthews menyarankan menggunakan kain pel tradisional dan ember dengan air panas dan sedikit sabun cuci piring cair setiap seminggu sekali.

"Selalu pastikan menyapu lantai dan mencuci keset kamar mandi terlebih dulu," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com