Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang sering digunakan dan memiliki kelembapan tinggi membuat kamar mandi rentan mengalami bau tak sedap meski sudah dibersihkan secara rutin.

Untuk itu, penting menjaga kebersihan dan kesegaran kamar mandi dengan mencegah bau. Dilansir dari Decor Tips, Selasa (23/1/2023), berikut beberapa cara mencegah bau di kamar mandi

Baca juga: 7 Tren Desain Kamar Mandi yang Disukai Desainer Interior pada 2023

Membuka pintu dan jendela kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi.
Langkah pertama memastikan kamar mandi tetap harum adalah mengangin-anginkan ruangan dengan baik. Jika kamar mandi memiliki jendela, biarkan jendela terbuka sesering mungkin, terutama setelah mandi.

Selain mencegah bau tak sedap, membuka jendela juga bisa membantu mencegah munculnya jamur. Namun, apabila kamar mandi tidak memiliki jendela, biarkan pintu kamar mandi tetap terbuka.

Anda juga dapat membuka jendela ruangan di dekat atau ruangan sebelah kamar mandi agar udara segar dapat mencapai dan menembus area mandi ini. 

Baca juga: 5 Tren Ubin Kamar Mandi yang Bakal Populer pada 2023

Jaga handuk tetap kering

Menjaga handuk tetap kering adalah kunci mutlak memastikan kamar mandi tetap harum. Pastikan handuk benar-benar kering guna menjaga kamar mandi tidak berbau apak dan selalu siap digunakan.

Bisa pula menggantung handuk pada pengait di area berventilasi baik setelah digunakan serta memasukkannya ke mesin pengering untuk menghemat waktu atau menggunakan gantungan handuk berpemanas. 

Baca juga: Cara Membersihkan Cermin Kamar Mandi dengan Cuka

Gunakan penyegar udara 

Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu. Shutterstock/Peshkova Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu.
Penyegar udara sangat penting untuk mencegah bau di kamar mandi. Selain itu, penyegar udara hadir dalam berbagai bentuk dan aroma yang bisa dipilih sesuai selera Anda seperti aerosol dan diffuser.

Pilih aroma yang paling Anda suka dan membuat kamar mandi tetap segar dan bersih sehingga memberi kenyamanan serta ketenangan setiap memasuki kamar mandi. 

Gunakan perlengkapan mandi dengan wewangian yang kaya 

Jika penyegar udara bukan pilihan Anda, pilih perlengkapan mandi dan sabun dengan aroma yang harum. Selain membuat tangan harum, aromanya juga dapat mengharumkan kamar mandi. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi

Baking soda 

Baking soda adalah bahan alami penghilang berbagai bau seperti ruangan, peralatan, pakaian, atau furnitur. Anda bisa menggunakan baking soda di kamar mandi dengan meletakkannya dalam wadah dan meletakkannya di sudut ruangan. 

Baking soda juga dapat digunakan untuk mencuci tirai kamar mandi, kain, atau tekstil apa pun yang di kamar mandi guna membantu menghilangkan dan mencegah bau di kamar mandi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com