Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Warna Pastel Tak Lagi Populer di Kamar Mandi

Kompas.com - 13/01/2023, 17:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna-warna pastel memiliki keistimewaan sendiri dan banyak digunakan pada pakaian dan perlengkapan bayi. 

Namun, tak sedikit pula yang menggunakannya warna pastel untuk dinding rumah, termasuk kamar mandi. Rona dengan saturasi warna rendah, seperti pastel, memberi kesan tenang pada ruangan untuk melepas lelah. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Pastel yang Lembut dan Nyaman

Sayangnya, setelah beberapa tahun ini, banyak dekorator rumah dan desainer interior merasa tampilan dinding kamar mandi berwarna pastel sudah kuno sehingga membutuhkan perubahan. 

Itu berarti warna yang lebih lembut tidak berada di urutan teratas sebagai rekomendasi warna cat kamar mandi saat ini dan popularitas warna terang telah berkurang selama setahun terakhir ini. 

Mengapa kamar mandi pastel tidak lagi populer?

Ilustrasi kamar mandi dengan nuansa warna biru muda, cermin kamar mandi. SHUTTERSTOCK/HAVESEEN Ilustrasi kamar mandi dengan nuansa warna biru muda, cermin kamar mandi.
Desainer interior Barrie Cutchie mengatakan warna pastel, seperti merah muda, kuning, hijau, dan biru telah berlebihan, terutama selama pandemi.

Saat itu, warna pastel memberi ketenangan yang dibutuhkan untuk "kegilaan" yang sedang terjadi di dunia.

"Kami sekarang menginginkan perubahan, pindah ke nada yang lebih bersahaja dan mencerminkan rasa hormat yang baru ditemukan terhadap alam," katanya dilansir dari House Digest, Jumat (13/1/2023).  

Baca juga: 8 Ide Warna Pastel untuk Dinding Rumah, Beri Nuansa Tenang dan Cantik

Namun, apabila masih ingin mengecat kamar mandi dengan warna pastel, pertahankan hal itu selama Anda mau. Preferensi pribadi diutamakan dalam pilihan dekorasi, baik melakukannya sendiri maupun bekerja dengan desainer.

Namun, bagi mereka yang sedang mempertimbangkan penyegaran cat atau perombakan  mengikuti tren, memilih warna pastel bukan pilihan terbaik saat ini. Beralih ke warna yang lebih berani dan hangat bisa menjadi cara yang lebih baik.  

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Warna Pastel untuk Setiap Ruangan di Rumah

Warna kamar mandi yang sedang tren saat ini

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding warna peach. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar mandi dengan dinding warna peach.
Saat ini, warna yang terinspirasi dari alam tengah menjadi tren. Ini berarti nada bersahaja, warna cerah, serta nuansa biru dan hijau yang lebih hidup.

Berbagai warna merah, dari magenta, nuansa merah muda-ungu, hingga yang bernuansa jingga, juga sedang dalam radar dekorasi.

Jika masih menginginkan nuansa tenang untuk kamar mandi, menggunakan warna yang sedikit lebih jenuh daripada warna pastel dapat memberikan efek yang diinginkan.

Selain itu, warna biru aqua menawarkan jenis tampilan lebih gelap dari warna pastel juga populer di kalangan dekorator rumah sekarang ini. 

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Mandi, Bisa Mati

Tentu saja, warna untuk dekorasi tidak bisa bertahan selama bertahun-tahun. Namun, warna-warna netral adalah pilihan sempurna dan mampu bertahan lama. 

Warna netral untuk kamar mandi meliputi cream, kelabu tua, dan warna coklat yang lebih dalam. Warna-warna cat ini menawarkan keserbagunaan dalam segala hal tanpa berlebihan.

Anda kemudian dapat menambahkan tanaman, sentuhan boho, atau aksen trendi lainnya yang dapat dengan mudah diganti saat ingin melakukan penyegaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com