Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hasil Akhir Cat Terbaik untuk Kamar Mandi yang Tahan Kelembapan

Kompas.com - 02/01/2023, 19:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merenovasi kamar mandi, terkadang ada beberapa peluang kesalahan yang dilakukan banyak orang, salah satunya memilih warna cat dinding.

Namun, di samping warna cat, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni hasil akhir cat tersebut. Hal ini karena kamar mandi menjadi salah satu area yang memiliki kelembapan paling tinggi.  

Baca juga: Alasan Mengapa Warna Biru Muda Harus Diaplikasikan di Kamar Mandi

Misalnya, dilansir dari Southern Living, Senin (2/1/2023), cat dengan lapisan mengkilap lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap kelembapan, jamur, serta lumut daripada lapisan datar.

Itu sebabnya cat dengan hasil akhir lebih mengkilap adalah pilihan terbauk untuk dinding di sekitar bak mandi, ruang yang terkenal dengan jumlah kelembapan dan potensi jamur lebih besar.

Namun, banyak orang melakukan kesalahan memilih lapisan datar untuk dinding kamar mandi mereka.   

Baca juga: Ini Jenis Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Ahli

Ilustrasi kamar mandi minimalis.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Consumer Reports merekomendasikan menggunakan cat dengan hasil akhir satin atau semi-gloss. Mereka berpendapat bahwa cat satin lebih tahan lama, berkilau, ideal untuk kamar mandi, dan mudah dibersihkan daripada egg shell. 

Gunakan cat satin untuk dinding, plafon, bahkan lis karena banyak pelapis satin lebih keras daripada sebelumnya. Sebaliknya, cat dengan hasil akhir semi-gloss lebih keras dan mudah dibersihkan.

Selain itu, dapat digunakan pada dinding, plafon, trim, dan meja rias jika Anda tidak keberatan dengan tampilan yang lebih berkilau.   

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Terbaik untuk Dapur Menurut Ahli

Teknik mengecat dinding kamar mandi

Sebelum mengeluarkan kuas cat, bersihkan dinding kamar mandi terlebih dahulu agar permukaan bersih dan memberikan hasil yang rata.

Hilangkan jamur yang ada pada dinding dengan larutan air dan pemutih. Namun, buka jendela atau nyalakan kipas angin saat menghilangkan jamur.

Sebelum mengecat, Anda harus memeriksa kondisi jamur. Apabila jamur sudah menjadi masalah, Anda perlu menggunakan primer pembunuh jamur. 

Jika tidak menggunakan cat dengan lapisan semi-gloss atau satin pada dinding kamar mandi, Anda mungkin akan menghadapi tugas pembersihan lebih berat pada masa mendatang,  bahkan termasuk melawan jamur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com