Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Pekerja Informal Punya Rumah itu Kini Terbeli...

Kompas.com - 07/02/2023, 18:56 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Sampai kapan mimpi-mimpi itu kita beli. Sampai nanti sampai habis terjual harga diri. Sampai kapan harga-harga itu melambung tinggi. Sampai nanti sampai kita tak bisa bermimpi?," - Mimpi yang Terbeli, Iwan Fals.

Penggalan lirik lagu dari album 1910 milik penyanyi yang kerap menyuarakan suara-suara kaum "akar rumput" terus terngiang.

Apalagi jika bicara soal rumah di era yang serba tak pasti. Apakah mimpi untuk punya rumah bisa terbeli?

Baca juga: Nasabah BTN Prioritas Bantu Wujudkan Masyarakat Miliki Rumah

 

Ilustrasi membeli rumah. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi membeli rumah.

Di pertengahan bulan September tahun lalu, Alexander Hogiono Yogo Kusuma (41) saat itu ditanya istrinya, Lucia Redesi Setyoningrum (42). Mereka saat itu berada di rumah mertua di bilangan Perumahan Nasional Mojosongo, Solo, Jawa Tengah. Harapan menyelimuti Alex dan sang istri.

"Bisa enggak sih punya KPR? karena kan kita sudah punya anak. Nanti biar tumbuhnya di rumah sendiri," ujar Alex menirukan pertanyaan istrinya.

"Ya enggak bisa. Wong kita enggak punya gaji tetap. Kita bukan karyawan tetap. Kalau pun mau punya rumah sendiri, harus bayar cash," balas Alex dengan nada pesimis.

Sikap pesimistis Alex bukan tanpa alasan. Alex merupakan seorang mitra ojek online dari Gojek. Ia sudah menyusuri aspal di bawah terik matahari dan derasnya hujan.

Baca juga: BTN Bidik Potensi KPR Subsidi untuk 200.000 Mitra Gojek

Alex sendiri sudah 10 tahun tinggal di rumah mertua. Sejak menikah, sebenarnya tak ada masalah untuk tinggal di rumah mertua. Namun, siapa yang tak ingin punya rumah sendiri? Alex pun mau.

"Saya itu sejak menikah itu, keinginannya cuma tiga. Satu, punya anak. Kedua punya rumah sendiri. Ketiga kalau ini direstui yang kuasa itu, bisa punya mobil juga," kata Alex.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com