Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas agar Tetap Segar

Kompas.com - 30/01/2023, 17:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah dan sayur merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat sehingga perlu dikonsumsi setiap hari. 

Beberapa orang ada yang membeli buah dan sayur dalam jumlah banyak untuk distok agar bisa dikonsumsi pada hari berikut sekaligus menghemat waktu berbelanja. 

Baca juga: Alasan Perlu Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Dikonsumsi

Biasanya, buah dan sayuran ini disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya serta membuatnya tahan lama. 

Namun, selain tempat penyimpanan, kondisi buah dan sayur juga penting diperhatikan sebelum menyimpannya karena dapat mempengaruhi umur simpan. Kondisi buah dan sayur yang sudah tidak bagus dapat memperpendek usia penyimpanan. 

Selain itu, perhatikan juga cara menyimpan buah dan sayur. Ini tidak bisa dilakukan sembarangan untuk membuatnya tetap segar serta tahan lama. 

Nah, dilansir dari Apartment Therapy, Senin (30/1/2023), berikut cara tepat menyimpan buah dan sayur di kulkas agar tetap segar serta tahan lama.   

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran dan Buah di Freezer yang Benar

Ilustrasi kulkasUnsplash/ello Ilustrasi kulkas
1. Pilih buah dan sayuran yang tidak memar atau rusak.

2. Jika membeli produk yang sudah dipotong, dikantongi, atau dikemas, pilih hanya produk yang didinginkan atau dikelilingi es.

3. Hindari mengontaminasi produk selama penanganan dan persiapan. Misalnya, bungkus dan simpan produk secara terpisah dari daging, unggas, serta makanan laut.

4. Mulailah dan akhiri dengan tangan bersih saat menyiapkan produk segar. Ini berarti mencuci tangan setidaknya 20 detik sebelum dan sesudah penanganan. 

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Disimpan di Kulkas?

5. Jangan mencuci ulang produk yang sudah dicuci sebelumnya. Ada beberapa kekhawatiran bahwa pencucian di rumah dapat menimbulkan lebih banyak risiko, jadi pencucian tambahan untuk tas berlabel "pre-washed" atau "triple-washed" tidak sepenuhnya diperlukan.

6. Simpan buah dan sayuran yang mudah rusak (seperti stroberi, selada, herbal, dan jamur) di kulkas yang bersih. Pastikan juga mendinginkan semua produk yang sudah dipotong atau dikemas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com