Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2022, 10:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, termasuk sayuran dan buah, dalam kondisi dingin untuk mempertahankan kualitasnya. Namun, apakah semua sayuran dan buah bisa disimpan di freezer kulkas?

Dikutip dari Taste of Home, Rabu (23/11/2022), kecuali bawang bombay dan paprika, yang dapat dibekukan mentah, Anda harus merebus atau memasak sayuran sepenuhnya sebelum dibekukan.

Merebus sayuran, atau mencelupkannya ke dalam air mendidih, menghentikan enzim yang menyebabkan perubahan warna dan mengubah produk beku menjadi lembek. Buah mentah, sebaliknya, membeku dengan baik.

Baca juga: 6 Bahan Makanan yang Dapat Disimpan di Freezer

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

Anda dapat membekukan hampir semua sayuran kecuali seledri, selada air, selada, kol, mentimun, dan lobak. Makanan ini memiliki kandungan air yang tinggi dan menjadi lembek dan terendam air saat dicairkan.

Cara menyimpan sayuran dan buah di freezer

Meskipun ada sedikit variasi untuk jenis buah dan sayur yang berbeda, ikuti langkah-langkah umum ini untuk membekukan sayuran dan buah.

1. Cuci dan potong

Mulailah dengan mencuci sayuran dan buah dan mengeringkannya dengan handuk bersih. Jika mau, Anda dapat memotong sayuran atau inti dan mengiris buah yang lebih besar agar lebih mudah digunakan saat dicairkan.

2. Bekukan dalam satu lapisan

Rebus sayuran sebentar untuk mengatur warna dan teksturnya sebelum mendinginkannya dalam penangas es. Pastikan untuk segera memindahkan sayuran ke penangas es untuk menghentikan proses memasak.

Baca juga: Simak, Cara Mencairkan Ikan Beku dari Freezer dengan Benar

Kemudian, lapisi loyang dengan kertas perkamen dan bekukan sayuran dan buah dalam satu lapisan untuk mencegahnya membeku bersama dalam gumpalan besar.

3. Simpan dalam kantong ziplock

Setelah buah dan sayuran benar-benar beku, masukkan ke dalam kantong ziplock, beri label dan beri tanggal masing-masing sebelum menumpuknya dengan rapi di dalam freezer. Pastikan setiap kantong kedap udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com