BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Jangan Asal Pilih, Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Kulkas

Kompas.com - 26/01/2023, 19:45 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir setiap rumah memiliki lemari pendingin atau kulkas. Pasalnya, perangkat elektronik ini dapat mengawetkan dan menjaga kesegaran berbagai bahan makanan.

Karena fungsi tersebut, banyak orang menjadikan kulkas sebagai perangkat elektronik prioritas untuk dimiliki. Kulkas juga bisa dijadikan investasi jangka panjang, misalnya untuk mendukung bisnis makanan beku.

Setidaknya, ada lima hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli kulkas agar memberikan manfaat maksimal. Berikut adalah ulasannya.

1. Ukuran

Ukuran merupakan pertimbangan utama sebelum membeli kulkas. Pastikan ukurannya tidak terlalu memakan tempat sehingga terdapat rongga luas di sekitar kulkas sebagai ventilasi supaya tidak terlalu panas.

Pemilihan ukuran kulkas juga perlu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Anggota keluarga dengan jumlah banyak biasanya membutuhkan kulkas besar untuk menyimpan makanan dan minuman.

Adapun jenis kulkas yang cocok untuk keluarga beranggota banyak adalah kulkas french door dan kulkas berdampingan karena memiliki ruang dan freezer yang luas.

2. Fitur sesuai kebutuhan

Saat ini, berbagai merek kulkas hadir dengan sederet fitur menarik, seperti kontrol suhu, rak yang dapat disesuaikan, pencahayaan memadai, serta efisiensi energi. Selain itu, ada pula kulkas yang dilengkapi dispenser air, pembuat es, kompartemen susu, teknologi bebas embun beku, lapisan antibakteri, filter udara, akses setiap pintu, mode liburan, dan alarm.

Meski demikian, Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa semakin canggih fitur yang dimiliki kulkas, maka semakin mahal harganya. Karena itu, pilihlah kulkas dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Teknologi pintar

Di era digital, hampir segala perangkat elektronik didukung teknologi pintar yang memudahkan, termasuk kulkas. Adapun salah satu teknologi pintar yang disematkan pada beberapa merek kulkas adalah pengaturan suhu melalui ponsel.

Meski dibanderol dengan harga lebih mahal, sebagian orang tertarik untuk memiliki kulkas dengan teknologi tersebut. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli kulkas.

4. Harga

Banyak merek serta jenis kulkas dijual di pasaran dengan harga bervariatif, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Harga ini tergantung dengan ukuran, fitur, teknologi, dan desain.

Biasanya, kulkas dengan harga lebih mahal menawarkan keunggulan yang lebih baik serta ketahanan lebih lama. Oleh karena itu, pilihlah kulkas sesuai dengan bujet yang dimiliki.

5. Desain

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan saat membeli kulkas adalah desain. Kulkas dengan desain menarik nan elegan dapat membantu mempercantik ruangan.

Kulkas Polytron Belleza Big LiterPolytron Kulkas Polytron Belleza Big Liter

Saat ini, tak sulit untuk menemukan kulkas dengan desain seperti itu. Salah satu contohnya adalah Polytron Belleza Big Liter. Kulkas ini hadir dengan tampilan elegan dan kekinian. Hal ini terlihat dari desain pintu kaca yang elegan dan modern.

Selain memiliki desain menarik, Kulkas Polytron Belleza Big Liter juga dilengkapi vacuum compartment yang dapat mengurangi kadar oksigen di dalam ruangan, serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Dengan demikian, sayur dan buah tetap segar hingga 21 hari.

Kulkas Polytron Belleza Big Liter juga didukung teknologi inverter yang dapat menghemat listrik hingga 30 persen, serta garansi 10 tahun.

Itulah lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli kulkas. Pastikan Anda memilih kulkas yang memenuhi kebutuhan, seperti Polytron Belleza Big Liter yang memiliki tampilan kekinian hingga fitur unggul.

Untuk mendapatkan Kulkas Polytron Belleza Big Liter ini, Anda bisa kunjungi website resmi Polytron atau official store e-commerce Polytron kesayangan Anda.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com