Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2022, 16:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sapu memang berfungsi untuk membersihkan lantai. Akan tetapi, pernahkah Anda memperhatikan kebersihan sapu yang Anda gunakan setiap harinya itu?

Dilansir Lifehacker Australia, Jumat (30/12/2022), Anda tidak boleh menyapu lantai dengan sapu kotor. Sebab, ini akan membuat lantai bertambah kotor.

Sapu bersih lebih efektif digunakan untuk membersihkan lantai. Dengan demikian, penting untuk membersihkan sapu kotor Anda.

Baca juga: Kind by Kami Populerkan Kembali Sapu Bambu yang Lebih Sustainable

Ilustrasi sapu.
WIKIMEDIA COMMONS/PARA Ilustrasi sapu.

Berikut cara membersihkan sapu yang kotor untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal saat menyapu lantai. Cara ini dapat dilakukan untuk membersihkan sapu ijuk ataupun sapu plastik.

Buang serpihan kotoran besar yang menempel di sapu

Anda dapat melihat puing-puing besar yang menempel di sapu dengan mudah, seperti rambut dan serat debu. Itu adalah kotoran pertama yang perlu Anda bersihkan saat Anda mulai membersihkan sapu.

Maids by Trade, sebuah perusahaan pembersih rumah, merekomendasikan untuk membawa sapu ke luar ruangan dan membenturkannya ke pohon atau benda padat lainnya cukup keras untuk menghilangkan debu dan kotoran lepas yang menempel pada helaian sapu.

Rendam sapu

Dalam beberapa kasus, pukulan yang bagus sudah cukup, tetapi biasakan juga untuk melakukan pembersihan mendalam secara berkala, yakni sekitar sebulan sekali dan setelah pembersihan besar apa pun yang harus ditangani oleh sapu.

Baca juga: Cara Merawat Sapu agar Tidak Cepat Rusak

Mulailah dengan menyikat sapu dengan sisir bergigi lebar untuk mengeluarkan debu yang menempel di dalam bulu sapu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com