Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Barang Tak Lekang oleh Waktu yang Layak Dimiliki di Rumah

Kompas.com - 24/12/2022, 11:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah dapat meningkatkan tampilan hunian secara keseluruhan. Selain itu, membuat rumah tampak modern dan memberi kenyamanan. 

Namun, mendekorasi rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit seperti membeli cat baru dan menambahkan beberapa furnitur. 

Baca juga: Catat, Ini Waktu Terbaik Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Natal

Akan tetapi, apabila ingin membuat rumah menawan dengan hemat biaya, Anda perlu  berinvestasi pada barang-barang penting yang tidak lekang oleh waktu serta membeli aksesori yang lebih trendi dengan harga lebih murah.

Sayangnya, karena setiap pemilik rumah memiliki prioritas desainnya sendiri, sulit membedakan investasi barang yang terjangkau. Jadi, harus memulai dari mana?

Untuk membantu, para desainer interior membagikan beberapa barang tak lekang oleh waktu yang layak dimiliki di rumah dikutip dari Southern Living, Sabtu (24/12/2022). 

Baca juga: 4 Cara Melengkapi dan Mendekorasi Rumah Kecil 

Tempat tidur mewah

Ilustrasi kamar tidur.Unsplash/sidekix Ilustrasi kamar tidur.
Rata-rata orang menghabiskan sepertiga dari hidup mereka di tempat tidur. Itulah sebabnya paket tempat tidur yang bagus adalah salah satu investasi yang akan terbayar dengan sendirinya dalam waktu singkat.

"Tidur di tempat tidur yang indah dan nyaman sangat berbeda. Selain seprai dan duvet, kami selalu merekomendasikan berinvestasi pada bantal 'boom-pow' yang berdampak untuk benar-benar memisahkan ruangan," kata Cate Dunning dan Lathem Gordon dari GordonDunning. 

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Luas dan Lapang 

Furnitur berkualitas 

Selanjutnya, barang tak lekang oleh waktu yang layak dimiliki di rumah adalah furnitur berkualitas. Dari tempat tidur yang indah hingga sofa mewah, rumah adalah tempat terbaik untuk bersantai. Untuk itu, perlu memiliki furnitur yang tahan lama dan tak lekang oleh waktu.

John McClain, desainer interior yang berbasis di Florida, Amerika Serikat, menyarankan  mencari furnitur dengan kata kunci seperti "kayu keras yang dikeringkan dengan tungku, pemblokiran sudut, atau pegas yang diikat dengan tangan".

Selain itu, berat furnitur sering kali bisa menjadi indikasi kualitas. "Coba pindahkan atau angkat barangnya," ucap McClain. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Cara Mendekorasi Rumah Tua 

Jika tidak ada masalah, furnitur terbuat dari kayu lapis atau papan partikel yang akan berfungsi baik selama satu atau dua tahun, tetapi perlu sering menggantinya. 

Meski ada banyak perusahaan bangga membuat furnitur berkualitas tinggi, Anda perlu mempertimbangkan menyesuaikan, terutama untuk sofa.

"Tidak ada dua ruang tamu yang dibuat sama, jadi mendesain sofa khusus agar sesuai dengan rumah adalah cara terbaik mengoptimalkan ruang dan memastikan kenyamanan abadi," jelas Betsy Berry dari B. Berry Interiors.  

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Pastel yang Lembut dan Nyaman 

Sofa berkualitas tingggi 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular, Ilustrasi sofa sectional.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular, Ilustrasi sofa sectional.
Berbicara tentang sofa, Zandy Gammons dari Miretta Interiors menyarankan memilih pelapis furnitur dengan hati-hati. 

"Sofa digunakan setiap hari dan Anda ingin bertahan lama. Keluarga Anda menggunakan sofa untuk bersantai, membaca, menonton TV, dan bersosialisasi," ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com