Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Jeruk Nipis di Pot, Bisa di Halaman Rumah

Kompas.com - 24/12/2022, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk nipis banyak dikonsumsi masyarakat, baik sebagai penyedap masakan hingga dijadikan minuman yang menyegarkan. Anda pun dapat menikmati panen jeruk nipis di rumah dengan menanamnya di pot.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (24/12/2022), jeruk nipis memiliki buah yang berbentuk bulat. Tangkai buah rata-rata besar dan pendek.

Kulit buah tipis dan liat, sementara dinding kulit buah berpori-pori, terdapat kelenjar-kelenjar yang berisi pektin. Sementara itu, bunganya berbentuk majemuk dalam satu tangkai.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Jeruk Nipis Digunakan Sebagai Bahan Sabun Cuci Piring

Ilustrasi jeruk nipis, pohon jeruk nipis. PIXABAY/AKIROQ Ilustrasi jeruk nipis, pohon jeruk nipis.

Berikut cara menanam jeruk nipis di pot, yang dapat dilakukan di halaman rumah.

1. Persiapan bibit dan penanaman

Bibit merupakan hal yang sangat menentukan tingkat keberhasilan menanam tanaman di pot. Terdapat dua jenis bibit tanaman, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan).

Sebaiknya pilih bibit jeruk nipis dari hasil perbanyakan okulasi. Pasalnya, pertumbuhan bibit hasil okulasi lebih pesat dan juga lebih cepat berbuah.

Siapkan pot berdiameter 20 hingga 40 cm untuk bibit berukuran kecil dan pot berdiameter 50 hingga 60 cm untuk bibit berukuran besar. Masukkan pecahan genting atau pecahan batu bata merah ke dasar pot, lapisi atasnya dengan humus.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Alami dari Jeruk Nipis untuk Usir Lalat

Masukkan media tanam hingga ketinggian setengah tinggi pot. Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran tanah, sekam, dan humus bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1, campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1, atau campuran tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com