Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam dan Merawat Bunga Bugenvil

Kompas.com - 01/12/2022, 13:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Bugenvil atau bunga kertas adalah tanaman merambat yang dapat "memanjat" berbagai permukaan seperti dinding dan pagar.

Bunga bugenvil dikenal tangguh, tumbuh cepat, memiliki duri di sepanjang batang tanaman, serta memiliki warna cerah dan indah, dari ungu, merah, oranye, putih, pink, hingga kuning. 

Baca juga: Cara Mudah agar Tanaman Bugenvil Berbunga Warna-Warni

Selain itu, tanaman bugenvil membutuhkan iklim tropis yang keras, tahan terhadap panas dan kekeringan, dan ditanam dalam wadah. 

Bugenvil berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan umumnya dibudidayakan di Florida Selatan, Arizona, Texas Selatan, juga California Selatan.

Bunga bugenvil dapat menahan embun beku ringan, tetapi Anda harus membawanya ke dalam ruangan selama musim dingin di tempat dengan suhu di bawah 25 derajat Celsius. 

Tanaman bugenvil dapat tumbuh setinggi 12 meter dengan penyangga. Varietas semak yang tumbuh rendah hanya setinggi beberapa meter dan dapat ditanam dalam wadah.

Bunga bugenvil terlihat selalu mekar, padahal sebenarnya tidak mekar sama sekali. Struktur seperti kertas itu sebenarnya adalah daun yang dimodifikasi atau disebut bract yang menyembunyikan bunga asli bugenvil, yakni mekar kecil berbentuk terompet berwarna putih dan kuning. 

Tanaman bunga bugenvil juga terbilang mudah ditanam dan dirawat. Untuk membantu Anda, berikut cara menanam dan merawat bunga bugenvil dikutip dari HGTV, Kamis (1/12/2022). 

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Tanaman Bugenvil agar Bunganya Rimbun 

Ilustrasi tanaman bunga bugenvil atau bunga kertas. PIXABAY/WILD0WILD Ilustrasi tanaman bunga bugenvil atau bunga kertas.

Cara menanam bunga bugenvil

  • Butuh banyak sinar matahari 

Tanam bunga bugenvil di tempat teduh. Lokasi ini akan membuat tanaman merambat dan memiliki duri. Dibutuhkan setidaknya enam jam  sinar matahari per hari untuk bugenvil. 

  • Gunakan tanah yang dikeringkan baik

Bugenvil tidak menyukai tanah yang basah terlalu lama dan bisa mengalami busuk akar di tanah yang berat. Bunga bugenvil menyukai tanah berpasir serta gembur. 

Baca juga: Simak, Panduan Memberi Pupuk untuk Tanaman Bunga Bugenvil

  • Tangani bola akar dengan hati-hati 

Tanaman bugenvil mempunyai akar yang tipis dan mudah rusak selama pemindahan. Jadi, hati-hati menangani atau memindahkan tanaman ini ke pot baru. 

  • Siram tanaman secara rutin

Tanaman bugenvil perlu mendapat penyiraman setiap minggu sampai tanaman terbentuk. Setelah terbentuk (yang biasanya memakan waktu satu hingga dua tahun), hentikan penyiraman, kecuali saat mengalami kekeringan ekstrem, lantaran tanaman ini suka kering. 

Baca juga: Kenali, 4 Penyebab Tanaman Bugenvil Tidak Berbunga 

Cara merawat tanaman bugenvil

Ilustrasi tanaman hias bunga bugenvil di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/DANIILPHOTOS Ilustrasi tanaman hias bunga bugenvil di dalam ruangan.
1. Pangkas tanaman bugenvil sepanjang tahun, terutama pada akhir musim dingin sebelum siklus pertumbuhan baru.

Untuk mekar terbaik, pangkas semua cabang sekitar enam meter. Bugenvil mekar pada pertumbuhan baru sehingga Anda dapat memangkas setelah setiap siklus berbunga.

2. Jepit ujung tanaman merambat yang akan mekar. Anda akan mendapatkan tampilan bracts yang lebih padat.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com