Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam dan Merawat Tanaman Bugenvil agar Bunganya Rimbun

Kompas.com - 16/04/2022, 17:47 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamu tentunya sudah tidak asing dengan bunga yang satu ini. Tanaman bugenvil menghasilkan bunga berwarna vibrant yang rimbun sehingga membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik.

Tanaman yang identik dengan daerah panas dan kering ini sangat mudah sekali tumbuh. Bugenvil dapat tumbuh di tanah maupun di dalam kontainer. Batangnya tumbuh merambat dan dapat mencapai ketinggian 40 kaki.

Meskipun mudah tumbuh, proses penanaman awal dan perawatannya perlu diperhatikan untuk mendapatkan tanaman yang subur.

Melansir dari HGTV, Sabtu (16/4/2022), berikut ini adalah merupakan tips menanam dan merawat tanaman bugenvil.

Baca juga: Simak, Panduan Memberi Pupuk untuk Tanaman Bunga Bugenvil

Cara menanam tanaman bugenvil

Tanaman ini cukup populer dan menjadi tanaman penghias lanskap halaman karena pertumbuhannya yang cepat dan mudah. Jika kamu berencana untuk menanam tanaman bugenvil, berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan:

  • Butuh banyak sinar matahari : bunga bugenvil tidak akan tumbuh di area yang teduh, sebaiknya letakkan dia area yang mendapatkan minimal 6 jam sinar matahari per hari.
  • Tanahnya harus kering : Tanah yang basah dan lembab dapat membuat akar tanaman bugenvil menjadi busuk. Sebaiknya tanam di tanah berpasir yang gembur.
  • Tangani akar dengan hati-hari : saat akan memindahkan tanaman bugenvil, sebaiknya lakukan dengan hati-hari karena akarnya cukup halus.
  • Penyiraman : Siram langsung saat baru ditanam, siram kembali setelah 1 minggu penanaman. Setelah tanaman tumbuh dengan kuat, kamu hanya perlu menyiramnya saat tanah sangat kering.

Baca juga: Kenali, 4 Penyebab Tanaman Bugenvil Tidak Berbunga

Cara merawat tanaman bugenvil

Ilustrasi tanaman bunga bugenvil. PIXABAY/E. DICHTL Ilustrasi tanaman bunga bugenvil.

Setelah berhasil menanam tanaman bugenvil di halaman, pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin. Perawatan yang rutin dapat membuat bugenvil menghasilkan bunga yang rimbun dengan warna yang cerah. Berikut ini adalah cara merawat tanaman bugenvil :

Pangkas tanaman: pangkas tanaman terutama saat musim dingin dan sebelum siklus pertumbuhan baru dimulai. Untuk menghasilkan bunga yang rimbun, jangan ragu untuk memotong semua cabang.

Jepit ujung tanaman: dengan menjepit ujung tanaman yang akan mekar kamu akan mendapatkan daun yang lebih rimbun.

Baca juga: Apakah Tanaman Bunga Kertas atau Bugenvil Beracun? Ini Penjelasannya

Tidak perlu disiram saat musim hujan: tanaman ini suka area yang kering, saat musim hujan kamu tidak perlu memberinya air lagi dengan menyiramnya. Memberi bugenvil terlalu banyak air dapat membuatnya terkena penyakit jamur dan busuk akar.

Letakkan di area yang kering: jika bugenvil terlalu banyak mendapatkan air, ia akan menghasilkan lebih banyak daun daripada bunga.

Jangan memberinya pupuk kimia: kamu tidak memerlukan pupuk kimia untuk tanaman ini, cukup berikan kompos disekitar tanahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com