Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2021, 18:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bugenvil atau bunga kertas dikenal karena bunganya yang semarak dan hadir dalam beraneka warna. Jika melihat tanaman bunga bugenvil yang ada di pekarangan rumah, Anda akan melihat tanaman yang dipenuhi bunga.

Namun, kerap kali ada tanaman bugenvil tidak berbunga sama sekali. Jika ini terjadi pada tanaman bunga kertas Anda, ada beberapa penyesuaian yang perlu Anda lakukan.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (25/8/2021), berikut beberapa penyebab tanaman bugenvil tidak berbunga dan solusinya.

Baca juga: Cara Tepat Menyiram Bunga Mawar agar Tumbuh Subur

1. Pencahayaan

Bugenvil membutuhkan banyak sinar matahari. Tanpa paparan sinar matahari langsung, setidaknya selama lima jam per hari, bugenvil tidak akan berbunga.

Ilustrasi bunga bugenvil atau bunga kertas. PIXABAY/WILD0WILD Ilustrasi bunga bugenvil atau bunga kertas.

Semakin banyak sinar matahari yang diterima tanaman bugenvil, maka akan semakin banyak bunga yang akan dihasilkan. Tanpa sinar matahari langsung atau dengan terlalu banyak naungan, Anda hanya akan melihat daun.

Untuk mendorong warna bunga bugenvil yang maksimal, tanam atau letakkan tanaman bugenvil tempat tercerah di pekarangan rumah, terlindung dari angin. Jika tanaman bugenvil terkena pencahayaan di malam hari, maka bunga juga akan mekar secara terbatas.

Beberapa jenis bugenvil membutuhkan malam yang panjang dan hari yang pendek untuk menginduksi pembungaan.

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Dapat Mengusir Nyamuk di Rumah

2. Terlalu banyak air

Bugenvil mekar paling baik di bawah kondisi kering. Terlalu banyak air berarti sedikit atau tidak ada bunga. Jika tanaman bugenvil tidak berbunga, maka cek kebiasaan penyiraman Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com