Kompas.com - 25/08/2021, 11:55 WIB
Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dicuci, handuk sering kali terasa keras dan kasar. Ini tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi.

Nah, sebenarnya mengapa handuk terasa keras dan kasar setelah dicuci? Lalu, bagaimana solusinya?

Dilansir dari The Sun, Rabu (25/8/2021), menurut pakar pembersihan rumah sekaligus penulis buku berjudul Gaff Goodness Laura de Barra, ini tergantung pada bagaimana cara mencuci handuk dan mungkin Anda salah melakukannya.

Menurut de Barra, handuk yang keras dan kasar setelah dicuci disebabkan karena adanya penumpukan serat kain.

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Handuk yang Masih Sering Dilakukan

"Jika Anda menemukan bahwa handuk Anda cukup kering atau keras setelah dicuci, itu karena penumpukan produk (deterjen) di serat," kata de Barra.

Ilustrasi handuk.PIXABAY/ANALOGICUS Ilustrasi handuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi jika kita berpikir tentang handuk, secara alami, kekuatan supernya adalah penyerapan, jadi jika dicuci dan tidak ada cukup pembilasan, itu biasanya karena tabung (mesin cuci) terlalu penuh atau Anda benar-benar menggunakan terlalu banyak deterjen," imbuh dia.

Deterjen yang terlalu banyak, jelas de Barra, akan menumpuk di serat handuk. Dengan demikian, handuk tidak menyerap dengan baik, tidak bisa mengeringkan tubuh Anda dengan benar, dan kasar saat disentuh.

De Barra pun memberikan tips terkait cara mencuci handuk agar tidak terasa keras dan kasar.

Baca juga: Trik Melembutkan Tekstur Handuk seperti Baru Kembali

"Untuk membuatnya lembut kembali, yang perlu Anda lakukan adalah mencuci handuk tanpa deterjen sama sekali. Jadi masukkan handuk Anda ke dalam tabung (mesin cuci) seperti biasa dan kemudian masukkan dua cangkir cuka ke dalamnya," saran dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Sun
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.