Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh hingga Pupuk Kompos, Ini 6 Manfaat Daun Bambu

Kompas.com - 16/04/2022, 16:41 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Di Indonesia, tanaman bambu cukup mudah untuk ditemukan. Bahkan tanaman ini dapat tumbuh liar dan membentuk semak bambu yang lebat.

Batang tanaman bambu sudah sejak lama kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai material furnitur ataupun peralatan dapur.

Namun tahukah kamu, sama seperti batangnya, daun bambu juga kaya akan manfaat. Bahan ini cukup populer sebagai campuran dari produk kecantikan bahkan pengobatan.

Melansir dari Bamboo Detective, Sabtu (16/4/2022), daun bambu kaya akan asam amino, flavonoid silika, dan banyak mineral yang sangat bermanfaat. Berikut ini adalah 6 manfaat dari olahan daun bambu.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih sebagai Pestisida Nabati dan Cara Membuatnya

Cuka bambu

Cuka bambu merupakan produk sulingan yang aman dan sehat untuk penggunaan sehari-hari. Untuk menghasilkan cuka bambu, daun bambu direbus kemudian campur dengan beberapa bahan lain untuk mencapai konsentrasi asam asetat yang diperlukan.

Cara lain untuk membuat cuka bambu adalah dengan karbonisasi bambu. Cairan asam diperoleh dari penyulingan dan pengolahan uap. Cuka bambu ini sering digunakan dalam industri kecantikan dan cukup populer di Jepang.

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Salam untuk Lovebird dan Cara Mengolahnya

Minyak bambu

Minyak bambu memiliki konsistensi yang tidak terlalu berminyak arena cukup ringan dan murni.

Cara pembuatannya dengan menggiling daun dan pucuk bambu kemudian dicampurkan dengan sejenis minyak untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

Produk ini dikenal sangat kaya akan antioksidan, silika serta mineral dan nutrisi penting lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kale untuk Kesehatan

Teh Bambu

Untuk memperkaya citarasa teh, tambahkan beberapa bahan tambahan pangan yang memiliki karakteristik unik seperti lemon dan kayu manis.Unsplash/Aidana Khabdesh Untuk memperkaya citarasa teh, tambahkan beberapa bahan tambahan pangan yang memiliki karakteristik unik seperti lemon dan kayu manis.

Salah satu olahan bambu yang cukup dikenal adalah teh bambu. Untuk memproses daun bambu menjadi teh, daun akan dicincang dan kemudian dihaluskan.

Daun bambu yang sudah halus kemudian dikemas kedalam kantong teh. Jika kamu sedang mengalami gejala diare, perut kembung, dan kembung, teh bambu bisa meredakan masalah pencernaan ini.

Baca juga: Selain Hiasan, Ini 5 Manfaat Daun Parsley bagi Kesehatan

Bahan pembuat pagar

Selain bermanfaat di bidang kecantikan dan pengobatan, bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat pagar.

Kamu bisa menanam pagar bambu untuk membuat pagar lebih dekoratif. Batangnya yang tumbuh rapat dan lurus dapat membuat rumah menjadi lebih teduh dengan privasi yang terjaga.

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang, Sudah Tahu?

Lansekap taman

Ilustrasi daun bambu. PIXABAY/VASUDEVAN KUMAR Ilustrasi daun bambu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com