Kompas.com - 21/01/2022, 09:06 WIB
Ilustrasi daun sirih. SHUTTERSTOCK/OHMEGA1982Ilustrasi daun sirih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pestisida nabati dapat dipilih untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Seperti namanya, pestisida nabati dibuat dari ramuan obat-obatan dari bahan-bahan alami.

Dilansir dari laman resmi Cybex Kementerian Pertanian, Jumat (21/1/2022), bahan-bahan untuk membuat pestisida organik diambil dari tumbuhan, hewan dan mikroorganisme.

Karena dibuat dari bahan-bahan yang terdapat di alam, pestisida alami lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia.

Baca juga: Manfaat Lada Hitam untuk Tanaman, Jadi Pestisida hingga Antibakteri

Manfaat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara, daun sirih juga mudah ditemukan.SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Manfaat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara, daun sirih juga mudah ditemukan.

Bila dibandingkan dengan pestisida kimia, pestisida nabati memiliki beberapa kelebihan.

Pertama, lebih ramah terhadap alam, karena sifat material organik mudah terurai menjadi bentuk lain, sehingga dampak racunnya tidak menetap dalam waktu yang lama di alam bebas.

Kedua, residu pestisida organik tidak bertahan lama pada tanaman, sehingga tanaman yang disemprot lebih aman untuk dikonsumsi.

Ketiga, dilihat dari sisi ekonomi penggunaan pestisida organik memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan.

Baca juga: 4 Cara Membuat Pestisida Alami untuk Membasmi Hama pada Tanaman

Keempat, penggunaan pestisida organik yang diintegrasikan dengan konsep pengendalian hama terpadu tidak akan menyebabkan resistensi pada hama.

Namun, ada beberapa kelemahan dari pestisida organik, antara lain kurang praktis. Pestisida organik tidak bisa disimpan dalam jangka lama.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.