Kompas.com - 23/08/2021, 07:26 WIB
Ilustrasi tanaman bunga bugenvil. PIXABAY/E. DICHTLIlustrasi tanaman bunga bugenvil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bugenvil atau bunga kertas adalah tanaman bunga tropis yang cantik. Tidak hanya itu, tanaman ini juga kuat, dapat tumbuh dengan cepat, serta dipenuhi bunga yang cantik berwarna cerah.

Bugenvil tumbuh di lingkungan dengan paparan sinar matahari penuh. Namun demikian, ada pandangan bahwa tanaman bunga ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan karena beracun.

Apakah benar tanaman bunga kertas atau bugenvil beracun? Dilansir dari Hunker, Senin (23/8/2021), berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Bunga Bugenvil Tidak Bermekaran? Ketahui 4 Penyebabnya

Toksisitas secara keseluruhan

Secara umum, bugenvil tidak beracun. Akan tetapi, bugenvil tidak sepenuhnya tidak berbahaya.

Ilustrasi bunga kertas atau bugenvil. PIXABAY/ANDRE GIERAKOWSKI Ilustrasi bunga kertas atau bugenvil.

Batangnya mengandung getah dan duri, yang diketahui menyebabkan dermatitis kontak, ruam kulit yang gatal atau tidak nyaman.

Jika Anda terkena getah atau duri bugenvil dan mengalami reaksi, minumlah antihistamin dan krim anti-gatal hidrokortison selama beberapa hari.

Adapun bila gejala tidak reda atau Anda mengalami ruam parah atau gejala alergi, segera hubungi dokter. Meskipun reaksi alergi yang parah tidak mungkin terjadi, hal itu mungkin terjadi.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas atau Bugenvil agar Rajin Mekar

Keamanan hewan peliharaan

Kebanyakan hewan peliharaan tidak akan kesulitan berada di sekitar tanaman bugenvil, bahkan jika mereka menelan satu atau dua daunnya.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.