Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Dekorasi Ruangan Sempit, Warna Cat Dinding dan Pintu Harus Sama

Kompas.com - 01/12/2022, 08:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan sempit bisa tampak berantakan dan tidak menarik. Akan tetapi, Anda tetap bisa membuat ruangan sempit tetap rapi dan menarik.

Salah satu tips dekorasi ruangan sempit adalah dengan menggunakan cat, yang bisa membuat ruangan sempit terasa lebih luas.

Dikutip dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (1/12/2022), salah satu tips untuk membuat ruangan sempit terasa lebih luas adalah dengan menggunakan cat dan teknik yang disebut color drenching.

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Ruangan Sempit Terasa Lebih Luas

cara mengecat ulang dinding lama. SHUTTERSTOCK/MONKEY BUSINESS IMAGES cara mengecat ulang dinding lama.

Anda memilih satu warna dan mengaplikasikannya ke beberapa permukaan dalam satu ruangan.

Lisa Alward, desainer interior utama di Bella Vie Interiors dan penulis buku Beautiful Life mengatakan, color drenching benar-benar dapat membantu memberikan ilusi ruangan yang lebih besar.

Menurut Alward, color drenching secara efektif membuat semuanya menyatu, memungkinkan Anda membuat daya tarik dengan memilih titik fokus yang kontras di sebuah ruangan. Di ruangan sempit, garis visual yang lebih sedikit membuat ruang terlihat lebih besar.

Saat memilih warna untuk diaplikasikan di ruangan sempit, Alward merekomendasikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum membuat keputusan akhir.

Baca juga: 6 Cara Menata Kamar Tidur Sempit Menurut Ahli

Pertama, tutur Alward, pertimbangkan orientasi ruangan dan cahaya alami yang diterimanya. Jika ruangan mendapatkan banyak cahaya alami, Anda dapat menggunakan warna yang lebih sejuk karena sinar matahari akan menghangatkan warna.

Di ruangan yang tidak menerima banyak sinar matahari alami, Anda mungkin perlu menggunakan warna yang lebih hangat, yang akan membantu membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com