Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah suasana dalam ruangan hanya memerlukan satu lapisan cat. Cat tak hanya memberikan warna saja, tapi juga memberikan rasa berbeda pada setiap sentuhannya.

Meski dapat mengubah sumber cahaya, palet warna ruangan bisa mempengaruhi estetika secara keseluruhan.

Baca juga: Ketahui, Ini Arti Psikologi di Setiap Warna Cat

Terlepas dari apakah ruangan itu penuh dengan jendela atau tersembunyi di lantai bawah, dikutip dari Forbes, Sabtu (26/11/2022), warna cat bisa memberikan pengaruh yang sukses.

Akan tetapi, tak hanya sekadar melapisi warna pada dinding saja, untuk memberikan pengaruh besar terhadap ruangan yang dicat, pertama-tama Anda harus mempertimbangkan ruangan seperti apa yang akan dicat. 

Meski tujuan utama membuatnya terasa lebih cerah, hindari menggunakan warna oranye tebal di ruang tamu.

Baca juga: Ini Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Sejuk dan Tenang

Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.Shutterstock/New Africa Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.
Namun, dapat menerapkannya pada ruang yang memerlukan kreativitas. Memikirkan tentang bagaimana perasaan Anda saat berada di dalamnya dapat membantu mempersempit warna yang cerah dan sesuai dengan tujuan.

Selain itu, melihat di luar dinding di sekitarnya. Trim, lemari, lantai, dan plafon adalah tempat untuk ruang lingkup sesi pengecatan ulang. Melakukannya dengan benar dapat memberikan efek ruangan yang lebih terang. 

Sedangkan untuk warna cat gelap kerap diasumsikan dapat membuat ruangan terasa sempit dan lebih kecil. Ini tidak sepenuhnya benar.  

Baca juga: 4 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Kerja

Seringk kali warna biru tua atau hitam pekat dapat membuat ruangan terasa nyaman, bahkan dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas, tergantung bagaimanaa penggunaannya. 

Meski begitu, warna gelap tidak dapat mencerahkan ruangan karena tidak akan menciptakan cahaya ekstra, memberikan permukaan yang sangat reflektif, atau memberikan ilusi kecerahan ekstra. 

Salah satu cara memadukannya tanpa menimbulkan kesan redup adalah mengaplikasikannya sebagai warna aksen. 

Baca juga: Ini Warna Cat yang Disarankan dan Harus Dihindari di Dapur

Di ruangan yang terang, warna yang sangat redup dapat menonjolkan putih dan warna terang lainnya saat dicat pada trim atau sebagai dinding aksen.

Untuk ruangan terlihat cerah sepenuhnya, sebaiknya gunakan cat warna-warna di setiap dinding. Ini dapat memberikan ruangan kesan lebih terang tanpa menyingkirkan warna gelap pada ruangan.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+