Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Sejuk dan Tenang

Kompas.com - 26/11/2022, 07:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat lebih dari menghidupkan ruangan, tapi juga bisa menenangkan, membangkitkan nafsu makan, bahkan membuat seseorang merasa lebih berenergi.

Desainer interior Vera Villarosa-Orila mengatakan pilihan warna cat juga dapat mempengaruhi suhu rumah. Warna terang akan memantulkan panas, sementara warna gelap menyerapnya. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja?

Ini berarti akan lebih mudah mendinginkan ruangan dengan dinding putih daripada hitam.

"Nuansa yang lebih terang membuat ruangan terasa lebih sejuk dan mudah disejukkan,” katanya dilansir dari Real Living, Sabtu (26/11/2022).

Untuk membantu membuat ruang yang sejuk dan nyaman, Vera membagikan sejumlah kiat, di antaranya memilih warna cat tidak hanya tentang warna, tapi juga mempertimbangkan tekstur lainnya seperti logam, kayu, kaca, kain, dan pola lainnya sehingga dapat membuat skema warna. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja? 

Vera menyarankan mengikuti rasio 60-30-10 saat memasangkan warna umum, aksen, serta komplementer. Sebisa mungkin membatasi jumlah warna menjadi tiga atau empat.

“Saat memilih warna, terbaik adalah meletakkan sampel warna pada dinding putih polos sehingga bisa membayangkan bagaimana tampilannya saat dicat secara keseluruhan,”imbuh Vera.

Jangan lupa mempelajari pilihan Anda. Periksa warna yang lebih terang dan gelap sehingga dapat memilih warna yang tepat untuk ruangan. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Lebih Terang dan Luas

Untuk suasana tenang dan santai, pilih warna biru es. “Dengan rona abu-abu dan hijau, warna ini membantu mendinginkan suasana dan paling baik digunakan di kamar tidur dan kamar mandi,” kata Vera.

Selain itu, memilih warna biru cangkang telur atau biru yang lebih hangat. “Warna ini memiliki efek menenangkan yang serupa serta dapat digunakan di area umum seperti ruang tamu dan area lain untuk aktivitas sosial,” jelas Vera.

Setelah itu, padukan tampilan eksterior dan interior rumah Anda dengan warna mint dan hijau. Jika ingin menerapkannya di kamar tidur, pertimbangkan menggunakan cat kuning. Ini memiliki efek menenangkan dan menyejukkan yang membantu Anda mencapai tidur nyenyak.

Apabila ingin suasana yang lebih sejuk, tapi membuat ruangan lebih besar, gunakan warna putih pudar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com