Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Warna Cat yang Bisa Membuat Ruangan Terlihat Besar

Meski dapat mengubah sumber cahaya, palet warna ruangan bisa mempengaruhi estetika secara keseluruhan.

Terlepas dari apakah ruangan itu penuh dengan jendela atau tersembunyi di lantai bawah, dikutip dari Forbes, Sabtu (26/11/2022), warna cat bisa memberikan pengaruh yang sukses.

Akan tetapi, tak hanya sekadar melapisi warna pada dinding saja, untuk memberikan pengaruh besar terhadap ruangan yang dicat, pertama-tama Anda harus mempertimbangkan ruangan seperti apa yang akan dicat. 

Meski tujuan utama membuatnya terasa lebih cerah, hindari menggunakan warna oranye tebal di ruang tamu.

Selain itu, melihat di luar dinding di sekitarnya. Trim, lemari, lantai, dan plafon adalah tempat untuk ruang lingkup sesi pengecatan ulang. Melakukannya dengan benar dapat memberikan efek ruangan yang lebih terang. 

Sedangkan untuk warna cat gelap kerap diasumsikan dapat membuat ruangan terasa sempit dan lebih kecil. Ini tidak sepenuhnya benar.  

Seringk kali warna biru tua atau hitam pekat dapat membuat ruangan terasa nyaman, bahkan dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas, tergantung bagaimanaa penggunaannya. 

Meski begitu, warna gelap tidak dapat mencerahkan ruangan karena tidak akan menciptakan cahaya ekstra, memberikan permukaan yang sangat reflektif, atau memberikan ilusi kecerahan ekstra. 

Salah satu cara memadukannya tanpa menimbulkan kesan redup adalah mengaplikasikannya sebagai warna aksen. 

Di ruangan yang terang, warna yang sangat redup dapat menonjolkan putih dan warna terang lainnya saat dicat pada trim atau sebagai dinding aksen.

Untuk ruangan terlihat cerah sepenuhnya, sebaiknya gunakan cat warna-warna di setiap dinding. Ini dapat memberikan ruangan kesan lebih terang tanpa menyingkirkan warna gelap pada ruangan.   

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/26/184800676/deretan-warna-cat-yang-bisa-membuat-ruangan-terlihat-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke