Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Masalah Pernapasan

Kompas.com - 16/11/2022, 17:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai elemen dekorasi yang menarik di dalam ruangan, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan pemiliknya.

Seperti yang dilansir Balcony Garden Web, Rabu (16/11/2022), menurut American Society for Horticulture Science, tanaman juga dapat berdampak pada rawat inap yang lebih pendek, asupan analgesik yang lebih sedikit, peringkat nyeri, kecemasan, dan kelelahan yang lebih rendah, serta perasaan yang lebih positif dan kepuasan yang lebih tinggi di dalam ruangan.

Ada beberapa tanaman hias yang dapat meminimalisir masalah pernapasan, antara lain sebagai berikut ini. 

Baca juga: Mengapa Harus Mengganti Tanah Tanaman Hias Indoor?

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant. SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant.

1. Tanaman laba-laba

Tanaman laba-laba meningkatkan kualitas udara dalam ruangan karena menghasilkan lebih banyak klorofil dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, yang berarti lebih banyak oksigen.

Tanaman ini juga merupakan bagian dari NASA Clean Air Study dan cukup efisien dalam menghilangkan formaldehida, xylene, toluene, dan karbon monoksida.

Menurut mantan ilmuwan penelitian NASA Bill Wolverton, tanaman laba-laba dapat menghilangkan lebih dari 95 persen zat beracun yang dapat menyebabkan anemia, penyakit jantung, dan masalah pernapasan.

2. Peace lily 

Peace lily adalah tanaman hias yang sangat baik yang dapat mengurangi risiko banyak masalah pernapasan.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Busuk Akar pada Tanaman Hias

Menurut penelitian Jepang ini, bunga lily sama efektifnya dengan pothos emas dalam menyerap VOC. Ini juga menyerap aseton yang dapat menyebabkan bicara tidak jelas, tekanan darah rendah, dan kelesuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com