Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Penyakit Busuk Akar pada Tanaman Hias

Kompas.com - 15/11/2022, 08:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Busuk akar adalah salah satu penyakit pada tanaman hias. Busuk akar tanaman hias terutama disebabkan oleh dua alasan.

Pertama, paparan jangka panjang terhadap kondisi air yang berlebihan, yang dapat membunuh akar karena kekurangan oksigen. Akar yang terbuka mulai membusuk dan mati sambil menyebarkannya ke akar yang sehat.

Penyebab kedua bisa berupa jamur di tanah yang tidak aktif dan tumbuh subur saat tanaman kelebihan air. Jamur tersebut menyerang akar dan mengakibatkan pembusukan.

Baca juga: 11 Tanaman Hias Ini Tetap Hidup meski Disiram Sebulan Sekali

Ilustrasi penyakit busuk akar atau root rot pada tanaman. WIKIMEDIA COMMONS/JERZY OPIOLA Ilustrasi penyakit busuk akar atau root rot pada tanaman.

Dilansir Balcony Garden Web, Selasa (14/11/2022), berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang busuk akar tanaman hias dan cara mengatasinya.

Jenis busuk akar

1. Busuk akar fusarium

Fusarium memiliki banyak spesies yang dapat menyebabkan kebusukan pada batang atau akar, terutama pada titik luka atau luka pada tanaman.

Fusarium juga dapat menyita jaringan yang sekarat atau mati, yang menyebabkan pertumbuhan berlebih yang cepat dari jamur ini di akar yang terlalu jenuh.

2. Busuk akar pythium

Busuk akar Pythium bersifat parasit dan memakan materi tanaman yang membusuk dan tumbuh paling baik di tanah yang terlalu banyak air. Bakteri ini biasanya ditularkan dari hama seperti agas jamur melalui kakinya ketika berpindah dari satu tanaman ke tanaman lainnya.

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Cara mengecek busuk akar pada tanaman hias

Cara termudah untuk menemukan infeksi busuk akar pada tanaman hias adalah dengan mendeteksi daun yang pucat, layu, dan lunak meskipun mendapat sinar matahari yang tepat dan media tumbuh yang sehat. Selain itu, tanah juga terlalu lembap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com