Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tanaman Hias Menyaring Asap Rokok di Dalam Ruangan?

Kompas.com - 28/10/2022, 20:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, tanaman hias tak hanya sekadar menyegarkan dan menghilangkan polusi, tapi juga bisa digunakan untuk elemen dekorasi di rumah.

Dengan berbagai jenis dan manfaat berbeda, tak jarang membuat tanaman hias diletakkan di beberapa ruangan di dalam rumah. 

Baca juga: 8 Penyebab Daun Tanaman Hias Indoor Menguning

Untuk bisa tumbuh subur, tanaman hias memerlukan lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya. Karena itu, pemahaman tentang kebutuhan lingkungan tanaman hias penting diketahui pemiliknya.

Lantas, bagaimana jika di dalam ruangan tidak menyediakn habitat aslinya, bahkan dipenuhi asap rokok?

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (28/10/2022), tanaman hias sering digunakan untuk menjaga udara dalam ruangan lebih bersih, segar, bahkan menyaring racun. Namun, bisakah tanaman menyaring asap rokok? 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Populer yang Bisa Tumbuh di Air

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/ARTFULLY PHOTOGRAPHER Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan.
Studi menemukan bahwa asap dari kebakaran hutan berdampak negatif pada pohon yang bertahan dari kebakaran besar. Asap tampaknya menurunkan kemampuan pohon untuk berfotosintesis dan tumbuh secara efisien.

Selain itu, ada beberapa penelitian tentang bagaimana asap rokok mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan tanaman yang ada di dalam ruangan atau indoor.

Satu studi kecil menemukan bahwa tanaman yang terpapar asap rokok selama 30 menit per hari menumbuhkan lebih sedikit daun. Banyak dari daun-daun itu menjadi kecoklatan dan mengering atau rontok lebih cepat.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Rumah Minimalis  

Studi tentang tanaman dan rokok memang terbatas, tetapi tampaknya dosis asap yang terkonsentrasi dapat merusak tanaman hias.

Studi kecil ini membatasi tanaman di area kecil dengan rokok yang menyala, jadi mereka tidak benar-benar meniru seperti apa rumah yang sebenarnya dengan perokok. 

Baca juga: Kapan Tanaman Hias Syngonium Harus Disiram?

Bisakah tanaman menyaring asap rokok?

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa tanaman dapat menyerap nikotin dan racun lainnya dari asap rokok. Ini menunjukkan bahwa tanaman bisa menjadi cara menyaring udara dalam ruangan agar lebih sehat bagi penghuninya. 

Dalam studi tersebut, peneliti memaparkan tanaman peppermint yang terkena asap rokok. Setelah hanya dua jam, tanaman memiliki kadar nikotin yang tinggi di dalamnya.

Tanaman menyerap nikotin dari asap rokok melalui daun dan akarnya. Butuh waktu untuk tingkat nikotin dalam tanaman untuk turun. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis, Apa Saja?

Setelah delapan hari, setengah dari nikotin asli tetap ada di tanaman mint. Artinya, Anda dapat menggunakan tanaman untuk menyerap racun dari asap rokok dan udara secara umum.

Tanaman mampu menjebak, bahkan menahan nikotin dan zat lain di udara, tanah, dan air. Namun, terlalu banyak asap di area kecil dapat memiliki efek lebih merugikan pada tanaman  daripada sebaliknya. 

Karena itu, sebaiknya merokok di luar ruangan untuk menghindari masalah kesehatan yang berhubungan dengan Anda, orang lain, atau tanaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com