Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Menggunakan Minyak Nimba untuk Tanaman Hias Indoor

Kompas.com - 08/10/2022, 07:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pestisida untuk tanaman hias dapat sangat berbahaya. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa paparan pestisida dapat menyebabkan limfoma, leukemia, otak, payudara, ginjal, paru-paru, ovarium, pankreas, prostat, dan kanker perut.

Sebagai alternatif pestisida kimia, Anda bisa menggunakan minyak nimba. Dikutip dari Balcony Garden Web, Sabtu (8/10/2022), minyak nimba alami dan ampuh dalam membunuh sebagian besar hama rumah, ia melakukan tugasnya secara organik, tidak menimbulkan bahaya dengan cara apa pun.

Minyak nimba juga aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

Baca juga: Manfaat Minyak Nimba untuk Tanaman dan 8 Cara Menggunakannya

Ilustrasi pestisida nabati, penggunaan pestisida nabati untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/VERVERIDIS VASILIS Ilustrasi pestisida nabati, penggunaan pestisida nabati untuk tanaman.

Menurut penelitian, tubuh serangga menyerap senyawa mimba seolah-olah mereka adalah hormon asli, dan ini menghalangi sistem endokrin mereka.

Penyimpangan perilaku dan fisiologis yang mendalam yang dihasilkan membuat serangga begitu bingung di otak dan tubuh mereka sehingga mereka gagal bereproduksi dan populasi mereka menurun.

Menghalangi larva agar tidak berganti kulit adalah kualitas nimba yang paling penting, yang mencegah hama berkembang biak lebih jauh.

Pun minyak nimba tidak membahayakan tanaman dengan cara apa pun bila digunakan dalam jumlah yang ditentukan. Berikut beberapa tips menggunakan minyak nimba untuk tanaman hias.

Baca juga: Apa itu Minyak Nimba dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

1. Semprotkan pada daun tanaman untuk mencegah hama

Buat larutan 10 ml minyak nimba dalam 500 ml air dan semprotkan pada daun tanaman untuk menghilangkan embun tepung. Anda dapat menggunakannya untuk tanaman hias apa pun yang menderita penyakit.

Pastikan untuk mengocok botol dengan baik sebelum digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com