Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Tanaman Dracaena, Bersihkan Udara hingga Bikin Fokus

Kompas.com - 07/10/2022, 23:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dracaena adalah salah satu kelompok tanaman hias populer, karena memiliki dedaunan yang unik. Nama Dracaena berasal dari bahasa Yunani kuno, yang berarti naga betina.

Nama ini cocok untuk tanaman dracaena dengan dedaunan panjang yang tebal dan berbentuk pedang dan sifatnya yang kuat. Namun, dracaena juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan lingkungan rumah Anda.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (7/10/2022), berikut beberapa manfaat tanaman dracaena yang dapat menciptakan lingkungan rumah yang sehat dan indah. 

Baca juga: Manfaat Pupuk Daun untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi tanaman Dracaena Cornstalk (Dracaena giganta).SHUTTERSTOCK/KPHROM Ilustrasi tanaman Dracaena Cornstalk (Dracaena giganta).

1. Tanaman pembersih udara

Polusi dan gas beracun berbahaya bagi kesehatan manusia, dan racun ini juga masuk ke rumah kita. Tanaman menghilangkan polutan ini dari udara, dan salah satu yang paling efektif adalah dracaena.

Dracaena dapat mengurangi polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida, benzena, trikloroetilena, dan karbon dioksida.

Polutan ini masuk ke rumah melalui peralatan listrik, perabotan, cat, pakaian baru, karpet, serta bahan bangunan.

Paparannya dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan hingga serius seperti sakit kepala, masalah pernapasan, anemia, penyakit sumsum, ginjal, mutasi DNA, kanker, dan banyak lagi.

Baca juga: Jangan Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

Menurut studi NASA, dracaena menyerap semua polutan ini sampai batas tertentu dan menjaga udara tetap bersih.

2. Meningkatkan konsentrasi dan mempertajam fokus

Memiliki tanaman di dalam dan di sekitar rumah dan kantor meningkatkan konsentrasi dan fokus. Ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris bahwa 70 persen siswa lebih memperhatikan pelajaran dengan tanaman di sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com