Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 18:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan cacing di tanah kebun atau lahan pertanian bukanlah gangguan. Cacing tanah memainkan peran penting dalam konstruksi tanah dan daur ulang sampah organik.

Dikutip dari Gardening Know How, Selasa (27/9/2022), cacing tanah adalah bagian dari jaringan organisme yang mengubah sampah menjadi tanah yang kaya nutrisi. Nutrisi tersebut merupakan salah satu manfaat cacing tanah untuk pertumbuhan tanaman.

Cacing tanah di kebun juga melakukan fungsi budidaya yang meningkatkan porositas tanah dan memungkinkan oksigen masuk ke akar.

Baca juga: Jangan Dibasmi, Ini 4 Manfaat Cacing Tanah untuk Tanaman dan Kebun

Hadirkan cacing tanah di tanah atau bahkan coba pengomposan cacing untuk merasakan efek yang memberi kehidupan dari coran cacing.

Ilustrasi cacing tanah, salah satu contoh hewan avertebrata.PIXABAY/NATFOT Ilustrasi cacing tanah, salah satu contoh hewan avertebrata.

Manfaat cacing tanah

Cacing membuat terowongan di tanah dan memakan bahan organik, yang mereka keluarkan sebagai coran. Cacing berlimpah di tanah yang bersuhu sekitar 21 derajat celcius.

Dingin, panas, atau kelembapan yang ekstrem tidak baik untuk aktivitas cacing. Cacing tanag di kebun paling aktif ketika tanah cukup hangat dan lembap.

Perilaku membuat terowongan yang dilakukan cacing tanah menonjolkan perkolasi air ke dalam tanah. Cacing tanah juga melonggarkan tanah sehingga oksigen dan bakteri aerob bisa masuk ke akar tanaman.

Baca juga: 4 Jenis Cacing yang Hidup di Kamar Mandi dan Cara Membasminya

Tanah yang lebih gembur juga memungkinkan akar tanaman menembus lebih dalam dan mengakses lebih banyak sumber daya, yang pada gilirannya membangun tanaman yang lebih besar dan lebih sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com