Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 18:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada salah satu tanaman herbal yang ternyata bisa diolah menjadi fungisida alami untuk membantu mengatasi gangguan jamur pada tanaman, yakni kencur.

Kencur bersama tanaman rimpang lain seperti lengkuas dan jahe bisa dijadikan sebagai fungisida alami lantaran memiliki sifat yang mampu mengendalikan hama.

Baca juga: Cara Membuat Fungisida Alami dari Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur

Jika tertarik membuat fungisida alami dari kencur, tentunya akan lebih hemat mengambil kencur langsung dari kebun alih-alih membelinya di pasar.

Kencur juga menjadi salah satu tanaman herbal yang cukup mudah ditanam. Dilansir Cybex Kementerian Pertanian, Jumat (28/10/2022), berikut cara menanam kencur di polybag.

Siapkan bibit kencur

Ilustrasi kencur, rimpang kencur.SHUTTERSTOCK/KALAND ADAM Ilustrasi kencur, rimpang kencur.

Siapkan bibit kencur terlebih dulu. Pastikan menggunakan bibit berkualitas agar hasil akhirnya turut berkualitas.

Bibit kencur didapat dari rimpang kencur yang sudah berusia sekitar 10-12 bulan dan sudah memiliki calon tunas. Namun, rimpang kencur harus disiapkan dulu agar siap tanam.

Caranya, menaruh bibit di area yang tidak terkena sinar matahari langsung selama beberapa hari. Tunggu sampai mereka bertunas dan siap ditanam.

Baca juga: Cara Menanam Jahe di Polybag, Mudah Dilakukan di Rumah

Siapkan polybag dan olah media tanam

Selanjutnya, cara menanam kencur di polybag adalah menyiapkan polybag. Pilih yang ukurannya sekitar 15 sentimeter (cm) atau lebih.

Setelah itu, olah media tanam yang terdiri atas campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 4:1. Bisa pula menggunakan campuran tanah dan pasir.

Setelah media tanam siap, masukkan ke polybag dan letakkan di area teduh selama satu hingga dua hari. 

Baca juga: Cara Menanam Kencur yang Benar agar Hasilnya Melimpah

Tanam bibit kencur

Ilustrasi kencur.DOK.SHUTTERSTOCK/PICTURE PARTNERS Ilustrasi kencur.

Selanjutnya, mulai menanam benih kencur. Pertama-tama, buatlah lubang dengan kedalaman lima hingga tujuh cm atau sesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur.

Perlu dicatat, satu polybag hanya boleh diisi dengan satu atau dua rimpang bibit kencur yang sudah bertunas. Posisikan agar bagian tunas menghadap ke atas.

Baca juga: Cara Menanam Cabe di Polybag agar Berbuah Lebat dan Menguntungkan

Merawat tanaman kencur

Merawat tanaman herbal kencur tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Kencur juga perlu disiram dengan frekuensi dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari jika tidak turun hujan.

Supaya kencur tumbuh subur, jangan lupa memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak dua genggam tangan atau sesuaikan dengan keadaan media tanam di polybag.

Jika tumbuh rumput di sekitar tanaman kencur, segera bersihkan. Hati-hati dengan kemunculan ulat pemakan daun. Jika terlihat ada hama, atasi dengan mengambil bagian yang terserang hama, lalu matikan hama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com