Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Membawa Bencana, Jangan Abaikan Kehadiran Rayap di Rumah

Kompas.com - 08/11/2022, 19:31 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran rayap sering kali tidak disadari banyak orang sebelum adanya kerusakan pada material kayu di rumah.

Namun, kehadiran rayap bisa ditandai dengan kayu yang terdengar berongga atau tipis, kusen pintu dan jendela menjadi ketat atau sulit terbuka, munculnya kotoran rayap dan tabung lumpur (lubang atau terowongan pada permukaan material bangunan yang menghasilkan tumpukan seperti pasir).

Jika kamu melihat ada tanda kehadiran rayap di rumahmu, pastikan untuk tidak pernah mengabaikannya begitu saja.

Baca juga: Waspada, Ini 4 Tanda Rayap Telah Menyerang dan Bersarang di Rumah

Dilansir dari A-1 Pest Control, Selasa (8/11/2022), dijelaskan bahwa mengabaikan kehadiran rayap akan menjadi kesalahan besar.

Ilustrasi permukaan kayu yang rusak karena rayap.Shutterstock/hadkhanong Ilustrasi permukaan kayu yang rusak karena rayap.
Jika kehadiran rayap diabaikan oleh penghuni rumah, hal itu pada akhirnya dapat menghabiskan banyak uang untuk kerusakan kayu, termasuk kerusakan struktural yang dapat menyebabkan rumah menjadi tidak stabil.

Rayap tertarik pada kayu, yang berarti mereka dapat dengan mudah masuk ke rumahmu melalui retakan dan celah di fondasi atau dinding.

Begitu berada di dalam, rayap akan mulai mengunyah kayu, menyebabkan kerusakan serius pada rumahmu.

Serangan rayap mungkin tidak menimbulkan masalah instan atau terlihat pada awalnya, tetapi efek jangka panjangnya bisa sangat menghancurkan.

Hal tersebut pada akhirnya memberikan risiko kesehatan dan keselamatan secara tidak langsung pada penghuni rumah, seperti tertimpa material yang roboh akibat dimakan rayap.

Baca juga: 4 Tips Ampuh Membasmi Rayap di Dapur

Rayap dapat menyebabkan masalah listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com