Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bunga Pembawa Keberuntungan, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 13/10/2022, 15:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain mempercantik hunian, menanam bunga di halaman dapat membuat eksterior rumah terlihat lebih berwarna dan hidup.

Ada berbagai pilihan bunga yang dapat ditanam di halaman rumah, tetapi hanya ada beberapa yang dipercaya mampu membawa keberuntungan pada penghuni rumah.

Baca juga: Bisakah Menanam Bunga Matahari di Pot?

“Beberapa tanaman berbunga dapat dianggap sebagai keberuntungan karena berbagai alasan, dari mitos, digunakan sebagai obat, hingga kecantikannya belaka,” jelas arsitek lanskap Kate Karam.

Ia melanjutkan, ada lima bunga membawa keberuntungan yang bisa ditanam di halaman rumah seperti disadur dari Martha Stewart, Kamis (13/10/2022). 

Marigold

Ilustrasi tanaman marigold.SHUTTERSTOCK/Printemps PhotoArt Ilustrasi tanaman marigold.
Marigold adalah salah satu bunga keberuntungan yang membantu mengusir hama. Instruktur dan pengembang konten di Scotts Miracle-Gro, Amy Enfield, menambahkan, bunga marigold dipercaya memberi perlindungan dari roh jahat menurut beberapa keyakinan.

Sementara bagi yang lain, marigold mewakili pot emas di ujung pelangi dan merupakan simbol keberuntungan.

Baca juga: 7 Bunga untuk Mengaktifkan Energi Positif di Rumah, Ada Bunga Matahari

Mawar rambat cecile brunner

Karam mengungkapkan, mawar rambat cecile brunner paling disukai untuk dipotong menjadi karangan bunga mini. Ada kemungkinan inilah yang menyebabkan bunga ini dikaitkan dengan keberuntungan perihal cinta.

Bunganya berukuran kecil dan terlihat runcing saat terbuka. Selain itu, bunga ini mempunyai aroma yang wangi, berwarna merah muda terang, dan cocok dihadirkan di teralis.

Krisan

Enfield mengatakan bunga krisan dipersembahkan kepada orang tua sebagai simbol umur panjang dan keberuntungan dalam budaya Tiongkok.

Bunga krisan emas sangat beruntung karena dikatakan mewakili kekayaan dan kemakmuran. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Camelia, Bisa Mekar Dalam 3 Musim

Ilustrasi bunga peony.Unsplash/Kuzmenko Viktoria photografer Ilustrasi bunga peony.

Peony

Menurut Karam, bunga peony mewakili cinta, kesuburan, keberuntungan, dan kesuksesan. Ia merekomendasikan menanam peony Itoh karena kelopak kuningnya memiliki semburat warna lavender dan merah muda. 

"Pada waktunya, warna kuning dan merah muda memudar menjadi putih pucat, meninggalkan warna merah burgundy di tengahnya,” ujarnya.

Baca juga: Bunga Simbol Keberuntungan dan Kebahagiaan Menurut Feng Shui

Amarilis

Enfield menuturkan orang-orang Victoria mengaitkan amarilis dengan kekuatan karena tingginya dan mempunyai batangnya yang kokoh.

Tanaman ini juga dberkaitan dengan kesuksesan serta terkadang diberikan sebagai hadiah untuk pencapaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com