Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2022, 14:19 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga kertas atau bugenvil merupakan salah satu tanaman hias buanga yang biasanya ditanam di pekarangan rumah.

Di alam liar, bunga kertas bisa tumbuh hingga satu meter dan berguna sebagai semak atau tanaman pagar. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Bunga Pukul Sembilan, Punya Mitos Unik dan Tahan Panas

Namun, jika ingin menjadikannya sebagai tanaman hias, Anda bisa membentuk tanaman dengan cara memangkasnya agar pertumbuhannya tidak terlalu tinggi dan rapi. 

Untuk menanam bunga kertas di pekarangan rumah juga tidak sulit. Nah, dilansir dari Gardeners World, Senin (19/9/2022), berikut cara menanam bunga kertas.

Syarat tanam bunga kertas

Ilustrasi tanaman hias bunga bugenvil di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/DANIILPHOTOS Ilustrasi tanaman hias bunga bugenvil di dalam ruangan.

Bunga bugenvil memerlukan penyinaran penuh. Anda bisa menanam bunga ini langsung di pekarangan terbuka atau menanam di pot.

Pot tersebut bisa diletakan di dekat jendela maupun rumah kaca. Penanaman bunga kertas di pot dinilai lebih praktis karena mudah dipindah-pindah.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas atau Bugenvil agar Rajin Mekar

Menyiapkan bibit tanaman

Bibit bugenvil bisa diperoleh dari stek tunas muda. Bagian yang akan distek dipotong sekitar delapan sentimeter. 

Setelah itu, celupkan bahan stek ke zat perangsang tumbuh, lalu tanam stek tunas ke polybag semai yang sudah diisi media semai.

Menanam bunga kertas

Bibit tanaman yang sudah tumbuh bisa segera dipindah tanam. Jika ingin menanam di pekarangan, Anda bisa mengisi pot dengan media tanam.

Buat lubang di tengah pot, lalu masukan bibit bunga kertas, tutup kembali lubang tanam, dan padatkan agar bibit tumbuh tegak.

Sementara itu, jika ingin menanam di pekarangan, Anda harus terlebih dahulu menggemburkan tanah di area yang akan ditanami bunga kertas.

Setelah itu, buat lubang tanam dan letakan bibit bunga bugenvil. Terakhir, tutup lubang tanam dan padatkan.

Baca juga: Ingin Menanam Bunga Kertas? Ketahui Dulu Fakta Menariknya

Siram tanaman secara rutin

bunga kertasPixabay/Meatle bunga kertas

Selama musim hujan, lakukan penyiraman bunga kertas dua minggu sekali. Namun, saat musim kemarau, penyiraman bisa dilakukan tiga kali seminggu.

Pengairan diperlukan untuk menunjang pertumbuhan bunga kertas, tetapi jangan terlalu banyak melakukan pengairan karena akar tanaman bisa terganggu saat tergenang.

Pemupukan rutin

Pemupukan bisa dilakukan seminggu sekali. Anda bisa mengaplikasikan pupuk cair kaya nitrogen untuk menunjang pertumbuhan daun. Setelah itu, memberikan pupuk kaya kalium untuk menunjang pembentukan bunga.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Kertas di Dalam Ruangan

Memangkas tanaman

Pemangkasan bisa dilakukan setiap bunga mekar. Tujuannya, menunjang pembentukan bunga di periode atau tahun berikutnya.

Namun, jangan terlalu banyak membuang batang tanaman karena akan mengganggu pertumbuhannya. Anda bisa memulai memangkas bagian tanaman yang mati, kemudian memotong kuncup atau daun yang kurang baik pertumbuhannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com