Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Menggonggong pada Malam Hari, Betulkah Melihat Hantu?

Kompas.com - 13/10/2022, 14:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggonggong merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang biasa dilakukan anjing

Menggonggong adalah cara anjing untuk menyampaikan keinginan, mendapatkan perhatian, atau memberi tahu pemiliknya saat melihat orang asing di rumah

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Lhasa Apso, Ras Purba dan Dianggap Suci

Walau menjadi hal biasa, anjing menggonggong bisa membuat frustasi apabila tak kunjung berhenti, terlebih pada malam hari. Tak jarang, hal ini sering kali mengganggu dan membangunkan tidur. 

Suara anjing menggonggong pada malam hari menandakan sahabat bulu mendeteksi sebuah ancaman. Namun, tak sedikit orang mengaitkan anjing menggonggong pada malam hari dengan hal mistis seperti melihat hantu atau roh halus lainnya.

Lantas, betulkah anjing melihat hantu? Bisakah anjing melihat hantu? 

Manusia dan anjing memiliki lima indra yang sama, yakni penglihatan, pendengaran, perasa, peraba, dan penciuman.

Baca juga: Mengenal Anjing Rottweiler, dari Sejarah, Karakter, hingga Perawatan

Ilustrasi anjing Lhasa apso.Shutterstock/robertos0621 Ilustrasi anjing Lhasa apso.
Namun, kelima indra anjing lebih baik berkali-kali lipat dibanding manusia. Tak heran, ada banyak hal yang dapat dilakukan anjing yang tidak dapat dilakukan manusia.  

 

"Anjing dapat melihat lebih baik dalam kondisi cahaya rendah daripada kita (manusia)," kata Jo Myers, dokter hewan di Salida, Colorado, Amerika Serikat (AS), dan praktisi telehealth di Vetster, dikutip dari Daily Paws, Kamis (13/10/2022). 

Tidak hanya itu, anjing dapat mendengar frekuensi lebih tinggi daripada manusia. "Mereka dapat mendengar sekitar empat kali lipat dari yang kita bisa dan mencium hingga 10 ribu kali lebih baik daripada manusia," ucap Jen Jones, pakar anjing dan pendiri Your Dog Advisor.

Jones mengatakan banyak anjing memiliki indra sangat tajam, bahkan dapat mengendus kanker atau memprediksi kapan kejang akan terjadi. Tentu saja, untuk melakukan hal itu, anjing harus mendapat pelatihan khusus. 

Baca juga: 9 Ras Anjing Kesayangan Kerajaan Inggris, dari Corgi sampai Beagle  

Apakah anjing melihat hantu? 

Ilustrasi anjing Australian shepherd bermata biru, Ilustrasi anjing bermata biru.Shutterstock/Heather Skau Ilustrasi anjing Australian shepherd bermata biru, Ilustrasi anjing bermata biru.
Lantaran memiliki alat indra lebih baik dari manusia, membuat anjing bereaksi berlebihan seperti menggonggong terus-menerus saat merasakan sesuatu. 

"Ketika anjing bereaksi terhadap sesuatu yang tidak dapat Anda lihat, bukan hantu, ia mungkin bereaksi terhadap aroma yang ditinggalkan beberapa jam atau hari yang lalu atau suara makhluk di luar rumah," jelas Amy Shojai, ahli perawatan hewan peliharaan.

Shojai juga memberi tahu bahwa beberapa anjing menyadari perubahan keadaan emosional orang yang mereka cintai dan mungkin bereaksi karena takut, gembira, atau emosi lain yang mereka rasakan dalam diri Anda. 

Baca juga: 5 Ras Anjing dengan Biaya Perawatan Minim

Pendengaran anjing juga membantunya mendeteksi keributan yang mungkin tidak disadari manusia.

"Meski anjing dan manusia mendengar suara bernada rendah yang kira-kira sama, anjing mendengar jauh lebih baik daripada orang pada frekuensi lebih tinggi," Shojai menjelaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com