Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi dan Mencegah Talenan Kayu Melengkung

Kompas.com - 03/10/2022, 18:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu menjadi material favorit banyak orang karena memiliki masa pakai yang panjang dan tampilannya yang alami.

Namun, di balik kelebihannya, talenan kayu dapat melengkung dan retak seiring waktu. Ini dapat disebabkan karena perawatan yang salah seperti mencucinya dalam mesin cuci piring. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Bawang pada Talenan Kayu

Ketika kayu menjadi basah, ini bisa membuat teksturnya melunak dan seratnya membengkak, yang dapat menyebabkan talenan kayu melengkung serta retak.

Berikut cara mengatasi talenan kayu yang melengkuk dan retak dilansir dari All Recipes, Senin (3/10/2022). 

Perbaikan cepat 

Ilustrasi talenan kayu. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi talenan kayu.
Letakkan talenan kayu dalam wastafel berisi air hangat. Namun, jangan merendamnya dalam air karena bisa merusak permukaannya. Selanjutnya, keringkan talenan kayu dengan handuk.

Letakkan talenan kaya dalam posisi rata di atas meja dapur atau permukaan datar lainnya sehingga sudut-sudutnya menyentuh permukaan. Setelah itu, letakkan beberapa benda berat di atas semua permukaan talenan kayu. 

Baca juga: Cara Merawat Talenan Kayu agar Tahan Lama, Pakai Minyak Kelapa

Untuk menjaga agar permukaan talenan kayu tetap bagus dan bersih, tutupinya dengan selapis linen dapur, kertas timah, atau loyang yang rata sebelum meletakkan benda berat. Kemudian, biarkan talenan kayu hingga kering selama tiga hari.

Letakkan talenan kayu permukaan rata 

Jika telah lama mengabaikan talenan kayu yang melengkung, cobalah membalikannya. Tempatkan talenan pada permukaan yang rata dengan sudut mengarah ke bawah, menyentuh permukaan.

Diamkan setidaknya selama beberapa hari. Talenan kayu perlahan-lahan akan rata saat Anda mengeluarkan udara dari sisi yang paling banyak menahan kelembapan.  

Baca juga: Kenapa Talenan Kayu Bau? Penyebab dan Solusinya

Mencegah talenan kayu melengkung

Ilustrasi mencuci talenan kayu. SHUTTERSTOCK/WACHIWIT Ilustrasi mencuci talenan kayu.
Selain mengatasi, perlu juga dilakukan langkah pencegahan agar talenan kayu tidak melengkung. Caranya, mencuci talenan kayu dengan tangan, bukan mesin pencuci piring. 

Mencuci talenan kayu dengan tangan adalah garis pertahanan pertama terhadap kayu yang bengkok dan retak.

Selain itu, hindari juga merendam talenan kayu dalam air atau membiarkannya di bawah wastafel yang mengalir. 

Baca juga: Apakah Talenan Kayu Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring?

Cara perawatan terbaik adalah menggosok talenan kayu dengan air dan sedikit sabun menggunakan kain pembersih, lalu basahi kain dengan air, dan cuci talenan kayu sampai tidak lagi bersabun.

Setelah mencuci talenan, keringkan talenan kayu dengan handuk dapur untuk menghilangkan sebanyak mungkin kelebihan air di kedua sisinya.

Untuk mengeringkannya di udara, letakkan talenan kayu dalam posisi tegak atau di rak pengering. Jangan meletakkan talenan kayu dalam posisi rata sampai kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com