Kompas.com - 03/10/2022, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cangkang telur atau kulit telur biasanya langsung dibuang karena tidak terpakai. Akan tetapi, sebenarnya cangkang telur memiliki manfaat yang luar biasa bagi tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (3/10/2022), cangkang telur yang sering Anda buang merupakan sumber kalsium yang kaya dan mengandung 2,2 gram kalsium dalam bentuk kalsium karbonat. Ini adalah dua kali lipat jumlah kalsium yang dibutuhkan manusia dewasa per hari.

Menurut dokumen yang dipublikasikan di situs ekstensi University of Florida, AS, cangkang telur juga mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan tanaman. Cangkang telur mengandung 0,3 persen Fosfor, 0,3 persen Magnesium, serta natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Cangkang Telur untuk Tanaman agar Sehat dan Subur

Ilustrasi pemberian cangkang telur ke tanaman. Cangkang telur adalah salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan tanah dan tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi pemberian cangkang telur ke tanaman. Cangkang telur adalah salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan tanah dan tanaman.

Cara menggunakan cangkang telur untuk tanaman

Salah satu caranya adalah dengan meletakkan cangkang telur utuh langsung di atas tanah, atau Anda bisa meletakkan cangkang telur yang sudah dihancurkan.

Laporan pengujian yang diterbitkan oleh Charles C Mitchell dari Department Of Agronomy & Soils, Auburn University menyarankan bahwa cangkang telur yang dihancurkan dengan sangat halus merupakan sumber kalsium dan elemen lain yang lebih mudah terurai dan efektif daripada cangkang yang dihancurkan dengan tangan.

Cara yang lebih baik untuk memberikan manfaat kulit telur bagi tanaman adalah dengan membuat air atau teh cangkang telur. Ini adalah pendekatan organik cepat untuk membuat nutrisi tersedia bagi tanaman setelah aplikasi.

Jeff Gillman, ahli kebun dan mantan Associate Professor Hortikultura di University of Minnesota, dan penulis The Truth About Garden Remedies, menulis tentang eksperimennya, di mana ia merebus cangkang telur dalam beberapa cangkir air.

Baca juga: Manfaatkan Cangkang Telur untuk Mencegah Bunga Rontok pada Tanaman

Setelah mendidih, cangkang tetap berada di air itu selama 24 jam. Dia kemudian mengirim air cangkang telur untuk pengujian di laboratorium.

Hasilnya, tiga unsur yang meningkat dalam konsentrasi rendah adalah Natrium, Fosfor, dan Magnesium. Dua elemen lain yang meningkat dalam konsentrasi yang lebih tinggi adalah 4 mg Kalsium dan Kalium.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.