Kompas.com - 03/10/2022, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Rak gantung tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan ekstra, tapi juga dekorasi dinding untuk meletakkan berbagai elemen dekorasi seperti  tanaman hias serta karya seni.  

Rak gantung bisa dipasang di mana saja. Untuk area dapur, misalnya, rak gantung kerap digunakan untuk menyimpan beberapa gelas yang sering digunakan, buku masak, atau bumbu dapur.

Lantas, berapa rak gantung yang diperlukan dan berapa jarak untuk memasangnya? Apakah perlu saling berdempetan atau ada jarak di antara setiap rak gantung?

Baca juga: Cara Menata Rak Sepatu agar Rapi dan Mudah Dijangkau

Jarak pasang rak gantung

Ilustrasi rak melayang atau ambalan melayang. Rak melayang bisa menjadi solusi dekorasi dan penyimpanan di rumah kontrakan. SHUTTERSTOCK/JON ORTIZ Ilustrasi rak melayang atau ambalan melayang. Rak melayang bisa menjadi solusi dekorasi dan penyimpanan di rumah kontrakan.

Dikutip dari Hunker, Senin (3/10/2022), galeri seni biasanya menggunakan 57 sebagai angka ajaib. Adapun 57 mengacu pada titik karya seni digantung di atas permukaan lantai.

Dengan kata lain, karya seni digantung sehingga titik pusatnya 57 inci atau 145 sentimeter (cm) di atas permukaan lantai. Ini menempatkannya sejajar dengan mata bagi kebanyakan orang dewasa.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rak Buku agar Tampak Menarik

Terkait rak gantung, tidak ada aturan praktis untuk memasangnya. Tidak ada ketinggian yang tepat atau salah terkait pemasangan rak gantung.

Dimensi dinding, jumlah dan panjang rak yang dibutuhkan, dan tinggi barang yang akan diletakkan di atasnya akan menentukan bagaimana kamu menata rak gantung.

Aturan praktis pemasangan rak gantung pun tidak berlaku pada jarak pasang antara rak gantung. Sebab, jarak antara rak gantung di kamar mandi dapat berbeda dengan ruangan lainnya.

Baca juga: 10 Cara Unik Menggunakan Plastic Wrap di Rumah, Bisa Cegah Rak Berdebu

Perhatikan wall stud

Ilustrasi rak gantung Dok IKEA Indonesia Ilustrasi rak gantung

Halaman:
Sumber Hunker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.