Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Bisa Bikin Ruangan Sempit Tampak Lebih Luas, Begini Caranya

Kompas.com - 03/10/2022, 14:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mereka yang memiliki rumah kecil tentu menginginkan ruangan yang terbatas itu terasa lebih luas. Ketika Anda tidak dapat memperbesar ruang secara fisik, ada cara untuk mewujudkan perasaan ruang yang lebih besar melalui penggunaan elemen dekorasi yang dipilih dengan benar.

Dikutip dari The Spruce, Senin (3/10/2022), karpet adalah salah satu elemen tersebut. Memilih karpet yang tepat dapat membantu ruangan sempit tampak lebih luas.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan karpet untuk membuat ruangan sempit tampak lebih luas.

Baca juga: Ragam Cara Menghilangkan Bau Pipis Anjing dari Karpet

Ilustrasi karpet sisal di dalam ruangan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi karpet sisal di dalam ruangan.

1. Karpet wall to wall

Memasang wall to wall di sebuah ruangan dapat membantu membuat ruang terasa lebih besar dengan memberikan kontinuitas. Mengubah permukaan lantai memberikan pemberhentian visual dan permulaan untuk mata.

Sebaliknya, memiliki karpet memanjang dari dinding ke dinding berarti tidak ada yang menghentikan mata, sehingga memberikan kesan bahwa ruang lebih besar dari itu.

2. Karpet area

Kunci menggunakan karpet area untuk membantu ruangan sempit terlihat lebih besar adalah dengan menggunakan ukuran karpet yang benar. Kesalahan dekorasi yang umum dilakukan orang adalah memilih karpet yang terlalu kecil.

Karpet yang terlalu kecil membuat ruangan terlihat berombak dan terputus-putus, dan karenanya membuatnya terlihat lebih kecil.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Saus Tomat pada Pakaian dan Karpet

3. Ukuran karpet

Ukuran persis karpet yang optimal untuk ruangan Anda akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk penempatan furnitur. Selalu ingat bahwa semua furnitur di sebuah ruangan harus diletakkan di atas karpet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com