Kompas.com - 07/08/2022, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu menjadi peralatan dapur yang sering digunakan untuk memotong sayuran, bumbu masakan, buah, hingga daging. 

Tak heran, membuat talenan kayu rentan kotor dan meninggalkan bau meski telah dibersihkan. Bau itu semakin terasa bila digunakan sehabis mengiris bawang, bahkan bisa memindahkannya ke makanan lain. 

Baca juga: Cara Merawat Talenan Kayu Secara Rutin agar Tetap Bersih

Untuk itu talenan kayu perlu segera dibersihkan setelah digunakan. Mendiamkannya berlama-lama hanya akan membuat bau bawang semakin kuat.

Namun, menggunakan sabun dan air saja tidak cukup menghilangkan bau bawang. Anda membutuhkan zat yang dapat menembus talenan kayu dan menghilangkan bau. 

Dilansir dari Hunker, Minggu (7/8/2022), berikut cara menghilangkan bau bawang pada talenan kayu. 

Baca juga: Kenapa Talenan Kayu Bau? Penyebab dan Solusinya  

Gunakan garam dan baking soda 

Ilustrasi mencuci talenan kayu. SHUTTERSTOCK/WACHIWIT Ilustrasi mencuci talenan kayu.
Taburkan satu cangkir garam kasar atau baking soda ke talenan kayu, lalu gosok menggunakan kain lembut cukup kuat. 

Biarkan meresap

Setelah itu, biarkan garam dan baking soda selama empat menit agar meresap ke permukaan talenan kayu. Selanjutnya, seka talenan kayu untuk menghilangkan garam dan baking soda yang menempel. 

Baca juga: Simak, Tanda Talenan Kayu Harus Diganti 

Gunakan air hangat

Kemudian, basahi kain bersih dan lembut dengan tiga sendok makan air hangat, lalu kelebihan air, dan bersihkan talenan kayu secara perlahan dan menyeluruh.

Keringkan talenan kayu dengan mengelapnya memaka kain bersih yang kering.   

Baca juga: Apakah Talenan Kayu Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring?

Oleskan minyak mineral

Terakhir, membersihkan talenan dan menghilangkan bau adalah mengoleskan tiga sendok makan minyak mineral tingkat USP ke kain lembut atau lap.

Setelah itu, gosok talenan kayu dengan kain atau lap yang direndam minyak untuk melapisi kembali talenan kayu. Biarkan talenan mengering sebelum menyimpannya di lemari atau tempat lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hunker


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.