Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Terang yang Harus Dihindari di Rumah

Kompas.com - 29/09/2022, 19:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat adalah salah satu keputusan paling pribadi yang dipilih saat mendesain rumah. Hal ini dapat mengomunikasikan emosi, sejarah, suasana hati, dan rasa memiliki dalam ruang pribadi seseorang. 

Sementara banyak warna teduh dan menenangkan seperti biru dan hijau yang sering kali dipilih banyak orang, dilansir House Digest, Kamis (29/9/2022), ada beberapa warna cerah yang seharusnya dihindari atau dikurangi intensitasnya di dalam ruangan.

Warna apa saja itu? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Dapur

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah.

1. Merah

Menurut psikolog warna, warna merah umumnya dikaitkan dengan menciptakan keadaan kewaspadaan dan penyegaran. Ini mungkin menjelaskan warna merah sering dikaitkan dengan Hari Valentine dan mungkin cocok untuk ruang makan yang romantis. 

Namun demikian, Anda harus berhati-hati dengan warna ini.

Secara tidak sadar tertanam di otak Anda untuk mengasosiasikan merah dengan ketakutan dan bahaya.

Menurut Symbolism And Metaphor, ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, panas tubuh, dan bahkan kelebihan sensorik.

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Merah yang lebih dalam atau pola merah yang lembut adalah satu hal yang dapat digunakan, tetapi dinding merah bukan menjadi pilihan yang baik. Sofa merah bisa terlalu keras dan menyerang indera.

Bahkan karya seni warna merah bisa mengganggu. Merah paling baik digunakan untuk teater rumah, ruang makan dramatis, dan rumah modern yang menjamin estetika yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com