Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mengusir Kelabang dengan Cara Alami

Kompas.com - 08/09/2022, 07:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki karakteristik tubuh yang menyeramkan, kelabang menjadi serangga yang kerap ditemukan di dalam rumah.

Meskipun mereka merupakan serangga yang bermanfaat untuk mengusir serangga lainnya seperti kecoak, laba-laba, dan ngengat dengan menjadikan mangsanya, namun dilansir Hunker, Kamis (8/9/2022) kelabang sebaiknya disingkirkan dengan beberapa cara alami berikut ini. 

Berikut beberapa cara membasmi kelabang yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. 

1. Hilangkan habitat kelabang

Jika Anda menemukan kelabang bergegas di sekitar rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan habitat yang disukainya, yang paling sering lembap, bintik-bintik gelap, seperti ruang bawah tanah dan kamar mandi, serta ruang bawah tanah dan di sekitar pompa. 

Baca juga: Tips Mengusir dan Mencegah Kelabang di Rumah

Ilustrasi kelabang. SHUTTERSTOCK/MR. AEKALAK CHIAMCHAROEN Ilustrasi kelabang.

Memperbaiki masalah drainase yang buruk, memperbaiki pipa yang bocor, dan mengurangi kelembapan di area lembap dapat membantu menyingkirkan kelabang di rumah.

Meskipun ini mungkin termasuk membuat perbaikan struktural sebagai perlindungan, kadang-kadang bisa sesederhana menjalankan dehumidifier untuk mengeringkan area bermasalah.

Membasmi sumber makanan kelabang adalah langkah penting lainnya untuk menyingkirkan kelabang di dalam rumah.

Anda dapat dengan cepat mengurangi populasi di dalam rumah dengan membasmi serangga lain, seperti lalat, kecoa, dan gegat, yang menjadi favorit di menu kelabang. Solusi lain adalah menutup celah dan titik masuk lainnya untuk memastikan kelabang dan makhluk lain tetap berada di luar.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membasmi dan Mencegah Kelabang di Rumah

2. Mengusir kelabang dengan bahan alami

Minyak esensial atau essential oil sering disebut-sebut untuk mengusir serangga di dalam rumah, tetapi minyak pohon teh secara khusus adalah pengusir kelabang alami dan sebenarnya beracun bagi mereka.

Encerkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dalam botol semprot untuk menyemprotkan ke jendela, pintu, dan alas tiang untuk menghalangi kelabang yang tidak diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com