Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2022, 20:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelabang menjadi hama yang sering ditemukan di dalam rumah. Kelabang tak hanya menjadikan ruangan menjadi lebih kotor, namun juga berbahaya jika mereka masuk ke dalam telinga atau anggota tubuh lainnya.

Kelabang menyukai tempat lembap, serta gelap, dan mereka biasanya ditemui di ruang bawah tanah, bawah wastafel kamar mandi, atau tempat lembap lainnya.

Meskipun, seperti yang dilansir Apartment Therapy, Jumat (22/4/2022), kelabang ini merupakan musuh dan dapat memakan serangga lainnya seperti lalat, kecoak, serta ngengat, namun keberadaan kelabang harus segera diatasi.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membasmi dan Mencegah Kelabang di Rumah

Ilustrasi kelabang. SHUTTERSTOCK/MR. AEKALAK CHIAMCHAROEN Ilustrasi kelabang.

Berikut cara mengusir dan mencegah kelabang di rumah.

1. Singkirkan kelembapan

Bagi Anda yang tinggal di rumah dengan kelembapan tinggi, hal yang harus dilakukan adalah menghilangkan kelembapan itu.

Dilansir House Digest, garis pertahanan pertama Anda melawan makhluk-makhluk ini adalah membuatnya benar-benar tidak nyaman bagi mereka untuk tinggal di sana  yang berarti mengontrol kelembapan dan menghilangkan kelembapan berlebih.

Jika kelembapan rumah Anda lebih tinggi dari 50 persen, menurut Energy Star, itu tidak ideal karena merupakan atmosfer yang sempurna untuk kelabang berkembang biak.

Baca juga: Jangan Bunuh Kelabang yang Muncul di Dalam Rumah, Kenapa?

Jadi apa yang ideal untuk kelembapan? Anda harus memiliki kelembapan antara 30 dan 50 persen sehingga Anda dapat menghindari hama ini. 

Menurut Husky Heating and Air Conditioning, sebuah perusahaan yang berbasis di Toronto, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kelembapan di rumah Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com