Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini 5 Ras Anjing Asal Italia yang Dapat Dipelihara

Kompas.com - 24/08/2022, 18:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing di dunia yang berasal dari setiap negara, salah satunya Italia.

Ras anjing asal Italia ini cukup beragam, dari anjing pekerja yang biasa menggembalakan dan melindungi ternak, anjing pemburu, anjing penjaga, hingga anjing pendamping. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Ekor Anjing, dari Berkomunikasi dan Membantu Bergerak

Selain itu, ras anjing asal Italia ini juga datang dalam beragam ukuran, penampilan, dan temperamen. Beberapa anjing lebih cocok untuk kehidupan tenang, sementara anjing lain menghargai aktivitas dan ruang untuk berkeliaran.

Anda dapat memelihara anjing asal Italia ini, tapi beberapa ada yang sudah langkah. Lantas, apa saja ras anjing asal Italia

Dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (24/8/2022), berikut lima ras anjing asal Italia yang bisa dipelihara di rumah. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Cavalier King Charles Spaniel

Bolognese

ilustrasi anjing Bolognese.PIXABAY/parxel ilustrasi anjing Bolognese.
Bolognese telah ada di Italia pada abad ke-11 di sekitar Bologna, area anjing-anjing ini dicintai kaum bangsawan saat itu.

Anjing Bolognese hampir mati selama bertahun-tahun, tetapi seorang peternak Italia pada 1980-an membantu memulihkan popularitasnya. 

Anjing-anjing kecil yang cantik ini dikenal tenang, penuh kasih sayang, ramah, serta rendah hati. Selain itu, Bolognese terikat kuat dengan keluarganya dan lebih memilih ditemani hampir sepanjang hari untuk mencegah kecemasan perpisahan.  

Baca juga: 12 Fakta Menarik Anjing French Bulldog, Tidak Berasal dari Perancis 

Bergamasco sheepdog

Selanjutnya, ras anjing asal Italia adalah Bergamasco sheepdog. Awalnya, anjing ini digunakan untuk menggembalakan dan melindungi ternak di wilayah pegunungan alpine dekat Bergamo, Italia Utara.

Anjing ini memiliki bulu unik seperti kain pel yang tahan terhadap suhu beku. Bergamasco sheepdog mempunyai bulu mata sangat panjang yang dapat menahan salju dari matanya.

Namun, ras anjing ini sangat langka sekarang. Padahal, Bergamasco sheepdog menjadi anjing peliharaan yang sangat penyayang, cerdas, aktif, mandiri, serta membutuhkan banyak latihan. 

Baca juga: Catat, Ini 10 Perbedaan Anjing French Bulldog dan Boston Terrier 

Bracco italiano

Ilustrasi anjing Bracco italiano.Unsplash/ja_ma Ilustrasi anjing Bracco italiano.
Bracco italiano dianggap sebagai salah satu ras anjing tertua di Eropa sejak abad ke-4 atau ke-5 Sebelum Masehi yang berasal dari Italia Utara.

Anjing-anjing ini hampir punah pada abad ke-18, tetapi sekelompok penggemar Bracco italiano membantu meningkatkan jumlah mereka lagi. 

Bracco italiano merupakan ras anjing besar, atletis, cerdas, dan bersemangat. Namun, apabila mendapatkan cukup latihan dan stimulasi, anjing ini biasa tenang, penuh kasih, dan setia di rumah. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Chihuahua, Si Kecil Berkepribadian Besar

Italian greyhound

Italian greyhound dianggap berasal dari Mediterania, di sekitar Yunani dan Turki, tapi menjadi terkenal di Renaissance Italia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com