Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendesain Kamar Mandi Layaknya Tempat Spa di Jepang

Kompas.com - 23/08/2022, 16:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang terkenal memiliki tempat spa yang nyaman dan menenangkan. Tak heran, perjalanan ke spa Jepang adalah pengalaman yang tidak pernah dilupakan. 

Budaya mandi adalah bagian besar dari kehidupan orang Jepang. Berendam air panas yang sambil dikelilingi desain yang indah dan aroma menenangkan dapat membawa ke tingkat relaksasi yang lebih tinggi. 

Baca juga: 5 Tips Pencahayaan Kamar Mandi untuk Efek Seperti Spa

Namun, untuk mempeoleh suasana ini, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Negeri Matahari Terbit itu. Anda bisa mewujudkannya di kamar mandi rumah

Nah, berikut beberapa cara mendesain kamar mandi rumah layaknya tempat spa di Jepang dikutip dari My Decorative, Selasa (23/8/2022). 

Pemandian onsen

Ilustrasi kamar mandi minimalis.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Hal utama dari setiap spa Jepang adalah pemandian onsen. Pemandian air panas alami (atau buatan) ini adalah pengalaman spa klasik Jepang yang mengombinasikan air pnas, relaksasi, dan mineral alami.

Meski tidak mungkin untuk membangun salah satu mata air panas ini di rumah, Anda dapat puas dengan bak berendam dalam bathtub yang diisi air panas, lulur alami, dan dikemas dengan banyak garam mandi onsen. Dengan demikian, bisa menghadirkan suasana tempat spa Jepang. 

Baca juga: 12 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Membersihkan Kamar Mandi 

Area pembersihan dan perendaman terpisah

Kamar mandi atau spa Jepang membedakan antara area untuk relaksasi, perawatan, dan area yang dirancang khusus untuk pembersihan.

Namun, tidak semua rumah memiliki kamar mandi cukup besar untuk menyediakan area terpisah itu. Sebagai solusi, Anda bisa membuat area khusus shower atau pancuran dengan untu tempat pembersihan serta area bathtub untuk berendam.

Warna netral

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.
Spa Jepang memiliki desain minimalis, palet warna netral, serta suasana tenang dan santai yang tetap memancarkan kemewahan. Cokelat lembut, hijau, dan warna tanah lainnya sangat bagus untuk warna dinding serta lantai. 

Palet warna ini harus mencakup handuk tangan dan mandi, keset lantai, serta jubah mandi untuk pengalaman spa yang maksimal.  Namun, hindari perlengkapan mengkilap atau logam mengkilap. 

Baca juga: Bahan di Dapur yang Bisa Hilangkan Jamur di Kamar Mandi 

Banyak cahaya

Spa Jepang adalah tentang membawa dunia alami ke dalam kamar mandi, termasuk cahaya alami.

Selain itu, spa Jepang juga dikenal mengusung konsep ringan dan lapang, jadi pastikan kamar mandi memiliki banyak cahaya alami.

Anda bisa menambahkan jendela besar atau skylight untuk menambahkan pemandangan langit. Jika tidak bisa mendapatkan cukup cahaya alami ke kamar mandi, cobalah bohlam yang tersembunyi untuk menghindari silau yang keras dari pencahayaan langsung. 

Baca juga: Desain Kamar Mandi untuk Tampilan yang Lebih Bersih 

Toilet terpisah

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer.
Tak hanya memisahkan pembersihan dan relaksasi, spa serta kamar mandi Jepang membuat pemisahan yang jelas antara kamar mandi dan toilet guna membantu menjaga kemurnian serta suasana tenang di kamar mandi.

Pastikan kamar mandi Anda tidak memiliki toilet atau kloset serta memilih ruang terpisah untuk wastafel dan toilet pembilasan. 

Baca juga: Desain Kamar Mandi untuk Tampilan yang Lebih Bersih

Aksesori dengan kayu dan alam

Seperti disebutkan di atas, spa Jepang adalah semua tentang sentuhan alami. Jadi, untuk menciptakan suasana spa Jepang yang sempurna, Anda membutuhkan aksesoris tepat.

Kuncinya adalah tanaman dan kayu alami. Bangku mandi kayu dan keset kamar mandi kayu hinoki adalah pilihan bagus untuk memulai. 

Selain itu, memilih aroma alami yang luar biasa serta meletakkan beberapa tanaman seperti tanaman bambu kecil, bonsai, atau pakis, serta batu sungai halus sebagai aksesori.

Dengan satu atau dua fitur utama dan beberapa sentuhan sederhana, mudah untuk menciptakan suasana spa Jepang di kamar mandi rumah Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com