Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Sebaiknya Tidak Memelihara Monyet di Rumah

Kompas.com - 22/08/2022, 16:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing, kucing, ikan, dan burung merupakan pilihan hewan yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Namun, selain empat hewan di atas, ada beberapa orang yang memilih memelihara hewan yang berbeda, bahkan sangat jarang dipelihara orang, seperti monyet

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Hantu Putih yang Indah dan Tidak Seram

Tak dipungkiri, ada beberapa orang yang memelihara monyet meski jumlahnya tak banyak. Namun, mengambil monyet sebagai hewan peliharaan tidak seperti merawat kebanyakan hewan peliharaan lainnya. Butuh banyak komitmen, bahkan kesulitan yang dihadapi. 

Pasalnya, monyet merupakan hewan liar. Saat bayi, makhluk berbulu dan bermata besar ini memang tampak lucu dan tidak berbahaya.

Namun, ketika mencapai kematangan seksual, para ahli memperingatkan bahwa monyet bisa menjadi agresif, memiliki kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi di lingkungan rumah, dan umumnya bukan hewan peliharaan yang baik.  

Baca juga: Antiseram, Ini 6 Jenis Burung Hantu dengan Wajah Menawan

Selain itu, beberapa primata memiliki penyakit mematikan, seperti herpes B, yang dapat ditularkan ke manusia melalui gigitan dan cakaran.

Ditambah, monyet memiliki usia hidup 20-40 tahun. Artinya, Anda harus membutuhkan komitmen penuh untuk merawat sepanjang hidupnya.

Karena itu, memelihara monyet dan primata tidak direkomendasikan, sama dengan burung hantu.

 

Nah, berikut lima alasanya sebaiknya tidak memelihara monyet di rumah dikutip dari The Spruce Pets, Senin (22/8/2022). 

Baca juga: 5 Burung Berwarna Merah yang Dapat Dipelihara

Tantangan memelihara monyet

Ilustrasi monyet.Unsplash/syedabsarahmad Ilustrasi monyet.
Monyet tidak tumbuh dan menjadi dewasa seperti anak-anak manusia. Pada dasarnya, monyet adalah balita permanen.

Berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, monyet peliharaan  tidak bisa bergaul baik dengan orang baru dalam hidup Anda, termasuk pasangan dan anak-anak, dan sulit mengajaknya berjalan-jalan.

Tak hanya itu, menemukan rumah baru untuk monyet peliharaan sangat sulit secara psikologis. Monyet juga membutuhkan banyak interaksi sosial.

Monyet peliharaan yang kehilangan waktu dan perhatian Anda kemungkinan besar tidak hanya mengalami masalah perilaku yang parah, seperti berteriak dan menggigit, tetapi juga masalah psikologis yang sulit disembuhkan. 

Baca juga: Mengenal Anjing German Shepherd Putih, dari Fakta Unik hingga Karakter

 

Masalah hukum

Primata, seperti monyet, di beberapa negara atau wilayah, ilegal untuk dipelihara. Sekali pun boleh memelihara monyet, ada banyak perizinan yang dibutuhkan. 

Kadang-kadang pemegang izin akan melakukan inspeksi rumah untuk memastikan fasilitas dan perawatan yang tepat disediakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com